Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Daftar Kandungan Gizi KENTANG yang Baik untuk Kesehatan TUBUH

Kandungan gizi kentang sebenarnya ada banyak sekali. Hanya saja belum banyak orang yang mengetahui hal ini. Oleh karena itu bagi Anda yang belum mengetahui apa saja nutrisi penting dalam kentang, simak saja ulasan berikut ini. Karena kali ini akan menjelaskan mengenai kandungan gizi serta nutrisi pada kentang lengkap dengan manfaatnya bagi kesehatan tubuh.

Kentang adalah salah satu bahan makanan yang sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Tanaman yang memiliki nama latin Solanum tuberosum L ini berasal dari Amerika Selatan dan telah dibudidayakan oleh penduduk di sana sejak ribuan tahun silam. Di luar negeri sendiri kentang sering dimanfaatkan sebagai makanan pokok karena kandungan karbohidratnya yang tinggi.

Namun di Indonesia sendiri kentang hanya menjadi alternatif makanan pokok selain nasi, roti dan mie. Selain itu, kentang juga dimanfaatkan sebagai makanan pengganti nasi untuk penderita penyakit tertentu seperti diabetes dan lainnya. Namun tak hanya itu saja, kentang juga memiliki sejumlah nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh.

Kentang dan kandungan nutrisinya dapat bekerja optimal jika diolah dengan cara yang tepat. Cara mengolah kentang yang baik agar nutrisinya tetap utuh adalah dengan merebusnya. Sebab jika kentang digoreng proses ini dapat membuat kandungan gizi dalam kentang hilang dan bahkan dapat menyebabkan masalah pada kesehatan. Lalu apa saja kandungan gizi dan nutrisi pada kentang? Berikut ulasannya.

Inilah Kandungan Gizi Kentang Lengkap dengan Manfaatnya

Mengenyangkan

Perlu diketahui bahwa kentang menjadi makanan nomor tiga yang paling mengenyangkan saat disantap. Hal ini karena kentang mengandung karbohidrat kompleks. Manfaat kentang untuk diet  juga terbilang cukup signifikan dalam menurunkan berat badan. Maka jangan heran jika banyak orang yang memanfaatkan kentang sebagai menu utama diet jika dibandingkan nasi dan lainnya.

Tak harus merebusnya, jika bosan Anda juga bisa mengolah kentang dengan cara dipanggang atau direbus tanpa tambahan bumbu berkalori. Cara ini tentu saja dapat membuat Anda berselera terhadap kentang. Selain itu, Anda juga bisa membuat salad kentang. Tak hanya ampuh untuk menurunkan berat badan, kentang juga rendah gula yang dapat menurunkan risiko terkena diabetes.

Kaya Mineral

Kentang juga kaya mineral yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh. beberapa mineral yang terkandung di dalamnya antara lain zat besi, magnesium, potasium, kalsium, copper, fosfor dan zinc. Kelompok mineral ini memiliki peranan penting untuk menjalankan fungsi organ tubuh dengan baik.

Maka jangan heran jika orang-orang lebih memilih kentang ketimbang nasi putih, roti putih ataupun pasta. Sebab, pastinya Anda sudah tahu alasannya kan. Ya, karena kentang juga mengandung sedikit phytic acid yang memungkinkan mineral tersebut terserap dalam tubuh lebih optimal.

Kaya Vitamin B

Kandungan gizi pada kentang selanjutnya adalah vitamin B. Sama seperti vitamin lainnya, vitamin B juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Manfaat vitamin B antara lain untuk metabolisme DNA dan protein, pembaharuan dan regenerasi sel serta produksi energi. Meskipun tidak mengandung vitamin B kompleks, kandungan gizi vitamin B cukup banyak.

Seperti vitamin B6, vitamin B9 (asam folat) dan vitamin B4 (choline). Asam folat sangat bermanfaat bagi ibu hamil untuk mencegah bayi lahir cacat. Sedangkan cholin berguna untuk meningkatkan fungsi otak.

Kaya Vitamin C

Selain vitamin B, kentang juga kaya vitamin C. Dalam satu butir kentang berukuran sedang mengandung 40 mg vitamin C. Ketika di masak, vitamin V yang terkandung pada kentang akan berkurang 30 persen dan hanya tersisa 15 mg. Meskipun berkurang, kandungan vitamin C yang masih tersisa masih bisa memenuhi kebutuhan vitamin C Anda.

Protein Lengkap

Kandungan gizi pada kentang selanjutnya adalah kaya protein. Sama seperti vitamin B dan C, protein juga memiliki manfaat baik untuk kesehatan tubuh. kentang ukuran medium memiliki 4 gram protein yang dapat memenuhi 10 persen dari kebutuhn protein harian.

Tak hanya itu saja, protein yang terkandung dalam kentang mengandung 9 asam amino essensial yang sangat bermanfaat unruk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Mengandung Enzim

Perlu diketahui bahwa kentang yang dimasak dan kemudian didinginkan akan membentuk amylose. Amylose merupakan enzim yang sulit dicerna lambung dan makanan bagi bakteri baik di dalam usus besar. Bakteri baik yang ada di usus akan mencerna amylose dan memproduksi butyrate.

Butyrate yaitu jenis asam lemak yang menutrisi sel-sel pelapis usus besar, dan melindungi usus dari racun-racun agar tidak mendekati aliran darah. Butyrate juga dapat mencegah terjadinya peradangan, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan metabolisme tubuh serta sensitivitas insulin.

Jangan Buang Kulit Kentang

Tahukah Anda jika kulit kentang mengandung zat besi yang tinggi jika dibandingkan dengan dagingnya. Hal ini dijelaskan oleh Kanchan Koya, Ph.D., doktor Molecular Biology dari Harvard Medical School. Oleh karena itu sangat disarankan untuk memasak kentang dengan kulitnya, baik direbus, tumis, kukus ataupun di panggang.

 

Sumber : disehat.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel