Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Potensi & Manfaat Daun KEMANGI, Sayur Sehat yang Tidak Perlu Dimasak

Di Indonesia, daun kemangi dapat menjadi pelengkap lalapan hingga pelengkap sajian soto. Di luar negeri, ternyata daun ini juga kerap digunakan di dalam aneka masakan. Selain terasa segar, ternyata daun ini kaya nutrisi.

Daun kemangi atau lebih sering dikenal di negara barat dengan sebutan daun basil ini pertama berasal dari India dan telah dikembangkan sejak sekitar 5000 tahun lalu. Daun kemangi (Ocimum basilicum) kerap digunakan dalam masakan Italia dan Asia Tenggara, seperti di Malaysia, Indonesia, Vietnam, Kamboja, Thailand, Laos, dan Taiwan.

Tanaman daun kemangi umumnya memiliki tinggi 30-130 cm dan paling tepat tumbuh di area tropis yang panas dan kering. Tanaman ini dapat tumbuh di dalam ruangan, meski paling tepat tumbuh di luar ruangan.

Daun berwarna hijau yang memiliki rasa dan aroma yang khas ini terdiri dari beberapa jenis yang berbeda. Daun kemangi yang biasa digunakan untuk masakan Italia adalah kemangi manis, berbeda dengan kemangi yang biasa digunakan di Asia. Jenis daun kemangi yang berbeda mengeluarkan aroma berbeda pula. Tergantung dari jenisnya, daun kemangi dapat mengandung berbagai zat yang menghasilkan aroma khas bergantung pada kadar komponen masing-masing zat. Zat-zat tersebut antara lain : citronellol, linalool, myrcene, ocimene, terpineol, linalyl acetate, fenchyl acetate, trans-ocimene dan lain-lain.

Umumnya daun kemangi yang mengandung polyphenols seperti flavonoids dan anthocyanins ini tidak dimasak, melainkan disajikan sebagai bahan mentah yang segar. Memasaknya dapat mengakibatkan perubahan pada rasa.

Potensi Manfaat Kesehatan yang dimiliki oleh Daun Kemangi

Meski penelitian terhadap manfaat daun kemangi bagi kesehatan terus dikembangkan, namun sayangnya belum ada hasil pasti yang dapat dibuktikan secara medis. Beberapa penelitian telah mencoba mengungkap potensi manfaat yang dikandung daun kemangi, antara lain:

  • Sebuah penelitian menemukan bahwa kandungan (E)-beta-caryophyllene (BCP) mungkin bermanfaat menangani artritis dan penyakit peradangan usus.
  • Ekstrak etanol dalam daun kemangi jenis Ocimum basilicum mengandung antioksidan.
  • Studi terhadap ekstrak daun kemangi jenis O. tenuiflorm menunjukkan bahwa bahan ini dapat mengurangi pembengkakan hingga sekitar 75 persen, 24 jam setelah pemberian.
  • Daun kemangi bisa jadi memiliki kandungan yang mampu mencegah efek berbahaya dari penuaan akibat radikal bebas pada otak, jantung, dan hati.
  • Daun ini mungkin dapat menjadi bahan antinyamuk dan antijamur yang digunakan dalam minyak esensial.

Meski khasiatnya belum terbukti secara pasti, tetapi dalam 100 gram daun kemangi  terdapat sekitar:

  • Energi sebanyak 22 kJ energi
  • Serat sebanyak 1,6 gram
  • Karbohidrat sebanyak 2,65 gram
  • Lemak sebanyak 0,64 gram
  • Protein sebanyak 3,15 gram

Selain itu, masih ada berbagai jenis vitamin, seperti vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, vitamin C, E, dan K. Ditambah lagi mineral-mineral seperti zat besi, kalsium, magnesium, mangan, fosfor, kalium, natrium, zinc, serta air kurang lebih 92 gram juga bisa didapatkan di dalam daun kemangi.

Oleh karena kandungannya yang kaya dengan nutrisi, daun kemangi sudah biasa menjadi pilihan tambahan pada sajian sehat dan praktis di Asia.

Resep Salad Jawa bersama Daun Kemangi

Daun kemangi dapat menjadi bagian dari menu sayuran yang menyehatkan, seperti trancam. Urap sayur khas Jawa ini bisa disebut sebagai salad khas Indonesia yang biasanya dipadukan dengan sambal urap kelapa.
Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sajian ini meliputi:

  • 50 gram daun kemangi
  • 8 buah kacang panjang,iris halus
  • 100 gram taoge yang sudah disiangi
  • 75 gram petai cina
  • 2 buah mentimun, keruk bijinya dan potong dadu
  • 25 teri medan yang digoreng kering

Untuk membuat sambal urap kelapa akan dibutuhkan dua lembar daun jeruk yang diiris halus, 3 cm kencur yang dihaluskan, satu sendok makan gula pasir,  ¾ sendok teh garam , serta setengah butir kelapa setengah tua yang dikupas dan diparut memanjang.

Jangan lupa untuk mempersiapkan bahan-bahan untuk membuat bumbu merah juga, yaitu setengah sendok teh terasi bakar, dua siung bawang putih, tiga siung bawang merah, tiga sendok makan minyak untuk menumis, delapan cabai rawit merah, dan lima cabai merah. Haluskan semua bahan bumbu merah, kemudian tumis hingga matang.

Karena sekarang bahan-bahannya sudah lengkap, mari kita buat Salad Jawa bersama-sama.

  • Campur dan aduk rata daun jeruk, kencur, gula pasir, garam, kelapa parut, dan bumbu merah.
  • Sangrai semua bahan hingga matang di atas api kecil. Tunggu hingga minyak keluar, lalu angkat dan sisihkan.
  • Campur dan aduk secara merata teri goreng, sayuran, dan sambal urap kelapa.
  • Taburi daun kemangi dan siram dengan air perasan jeruk limau sebagai tambahan.

Sajian dengan bahan segar yang bahkan sayurannya tidak melalui proses masak ini dapat dibuat dengan cepat dan menjadi teman makan siang yang kaya nutrisi.

 

Sumber : alodokter.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel