Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Mengenal Penyakit VERTIGO, Penyebab & Cara Pengobatan Alami untuk Meringankan

Vertigo merupakan salah satu jenis sakit kepala yang dirasakan lebih parah dan menyakitkan pada penderitanya. Saat mengalami vertigo, seseorang dapat merasakan dunia seakan berputar dan membuat dirinya melayang-layang. Padahal, pada kenyataannya semua benda di sekitarnya tidak bergerak sama sekali.
Ada 4 jenis vertigo berdasarkan sumber rasa sakit yang diderita, antara lain in vertigo peripheral yang mungkin terjadi karena adanya gangguan pada system pendengaran; vertigo sentral yang disebabkan oleh pusat keseimbangan di otak yang tidka normal; vertigo vestibuler yang terjadi karena gangguan pada organ vestibuler; dan vertigo non-vestibuler yang disebabkan oleh kesalahan proses informasi di dalam system syaraf pusat.

Gejala Penyakit Vertigo

Gejala utama vertigo yaitu berupa sakit kepala yang luar biasa sehingga membuat dunia serasa berputar saat penderita berbaring, berdiri atau saat ia mencoba memutar kepala dengan cepat. Selain itu, gejala lain yang mungkin muncul adalah terganggunya keseimbangan tubuh, telinga berdengung, mual dan muntah dan juga bola mata penderita yang terlihat bergerak.

Penyebab Penyakit Vertigo

Meski diderita oleh banyak orang, penyakit vertigo memiliki berbagai macam penyebab yang menimbulkan gejala – gejala penyakit tersebut. Gejala – gejala vertigo antara lain;

  • Organ Telinga Bagian Dalam yang Mengalami Masalah. Sebagian besar penderita vertigo mengalami gejala penyakit ini secara tiba – tiba. Penyebab yang paling umum terjadi yaitu karena penderita melakukan gerakan cepat untuk mengubah posisi kepala atau langsung berdiri saat terbangun dari tidurnya. Akibatnya, kepala menjadi terasa pusing dan terasa berputar. Gangguan kesehatan yang disebut Benign Paroxysmal Positional Vertigo pada organ telinga bagian dalam disinyalir merupakan penyebab terjadinya vertigo jenis ini.
  • Penglihatan yang Terganggu. Gangguan pada penglihatan juga menjadi penyebab yang umum dirasakan oleh mereka yang mengalami vertigo. Mata merupakan salah satu organ penting dalam tubuh dan juga memiliki fungsi untuk menjaga keseimbangan tubuh selain untuk melihat. Ketika indera penglihatan Anda mngalami masalah, bukan tidak mungkin Anda akan mengalami masalah keseimbangan yang berujung pada vertigo. Oleh karena itu, kita semua sangat perlu untuk menjaga kesehatan mata agar terhindar dari vertigo yang merupakan salah satu akibat buruknya kesehatan mata.

Tidur dengan Posisi yang Salah

Sebagian besar dari kita pasti pernah merasakan tubuh yang tidak nyaman dan pegal – pegal setelah terbangun dari tidur dengan posisi yang salah. Tidak hanya itu, tidur dengan posisi yang salah juga dapat menimbulkan penyakit vertigo. Selain itu, tidur dengan bantal yang terlalu tinggi atau rendah dan terbangun dari tidur secara tiba – tiba juga bisa menjadi faktor yang menyebabkan timbulnya vertigo.

Tubuh yang Tidak Sehat

Tubuh yang mengalami masalah kesehatan karena berbagai faktor juga sering kali menimbulkan vertigo sebagai salah satu akibatnya. Konsumsi obat – obatan dengan efek samping yang buruk, obesitas atau berat badan berlebih, hipertensi, diabetes, masalah dalam sirkulasi darah, atau berbagai faktor lingkungan, dapat menimbulkan masalah kesehatan dalam tubuh dan kemudian menimbulkan vertigo.

Karena kepala yang terasa sakit serta dunia yang terasa berputar – putar, vertigo bisa dikategorikan sebagai salah satu penyakit berbahaya. Hal ini karena vertigo dapat menimbulkan masalah lainnya, terutama saat penderita terjatuh di tempat berbahaya saat merasakan sakit kepala dan putarannya. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui beberapa cara alami untuk mengobati Vertigo dan juga cara mencegahnya agar tidak timbul kembali. Berikut beberapa cara alami untuk mengobati dan mencegah vertigo.

Konsumsi Kayu Manis

Kayu manis merupakan salah satu rempah yang dapat ditemukan di banyak tempat di Indonesia. Kayu manis umumnya digunakan sebagai bumbu masakan yang memberikan aroma serta cita rasa yang khas. Ternyata, kayu manis tidak hanya bisa memperlezat masakan, tapi juga mengandung berbagai khasiat untuk mengobati berbagai penyakit, termasuk Vertigo. Cara membuat obat alami ini adalah sebagai berikut;

  • Siapkan bahan berupa beberapa batang kayu manis, daun pegagan, jahe merah, daun dewa, dan juga sambiloto.
  • Rebus semua bahan dengan air secukupnya hingga mendidih.
  • Saring air rebusan, kemudian minum.

Jika Anda tidak menyukai rasanya, Anda bisa menambahkan madu atau gula jawa untuk menciptakan rasa manis.

Daun Sirsak

Daun sirsak merupakan daun yang memiliki sejuta manfaat bagi kesehatan dan hal ini sudah dibuktikan dalam berbagai penelitian. Salah satu manfaat daun berkhasiat ini adalah untuk mengobati vertigo. Kandungan daun sirsak berupa vitamin A, vitamin B, fruktosa, kalsium, fosfor, dan senyawa acetogennis di dalamnya membuat daun ini menjadi salah satu obat herbal terpopuler saat ini. daun sirsak dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi, dan menghilangkan stress dan juga depresi. Dengan khasiatnya yang luar biasa, Anda juga bisa menjadikannya salah satu obat herbal untuk vertigo.

Kulit Manggis

Kulit manggis yang dikenal sebagai obat herbal terbaik ini juga menjadi pilihan untuk mengatasi vertigo. Di dalamnya, terdapat berbagai nutrisi seperti antioksidan, vitamin B1, B2 dan C, dan juga kalsium yang mampu melindungi tubuh dari radikal bebas serta penyakit yang merusak system syaraf.

Minyak Wijen

Anda juga bisa mengkonsumsi minyak wijen untuk mengobati vertigo ringan. Minyak wijen mengandung berbagai nutrisi yang mampu memperlancar sirkulasi darah ke otak sehingga vertigo bisa mereda. Campurkan sedikit minyak wijen dan bubuk kapulaga, kemudian gunakan untuk sedikit memijit – mijit kepala Anda. Aroma yang menenangkan serta nutrisinya yang terserap ke dalam kulit akan membantu meringankan vertigo ringan dengan segera.

Sumber : sehatsekali.com
Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel