Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Makanan untuk Kesehatan Jantung dan Arteri yang Penting Diketahui

Makanan untuk kesehatan jantung dan arteri merupakan salah satu makanan yang sangat penting untuk diketahui dan dikonsumsi. Sebab dengan mengonsumsi makanan tersebut, jantung dan arteri tentu saja dapat terjaga kesehatannya.

Jantung dan arteri merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Jantung kita akan sehat jika pembuluh darah arteri terbebas dari sumbatan lemak. Dan sebaliknya, jika pembuluh darah arteri tersumbat atau terhalang lemak tentu saja hal ini dapat menyebabkan jantung bekerja lebih keras dalam memompa darah agar tetap mengalir ke seluruh tubuh. Jika tidak segera diatasi penyumbatan lemak pada pembuluh arteri dapat menyebabkan penyakit yang membahayakan yaitu penyakit jantung.

Seperti yang kita ketahui penyakit jantung tak hanya menyerang orang-orang yang sudah berusia lanjut. Kini, ada banyak sekali orang yang berusia muda terserang penyakit jantung. Lantas apa penyebab penyakit jantung itu sendiri? Penyebab umum terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah arteri adalah obesitas dan tingginya kadar kolesterol LDL atau kolesterol jahat, yang mana kolesterol tersebut akan menempel di dinding-dinding arteri.

Sedangkan faktor risiko lain yang dapat menyebabkan penyakit jantung adalah tekanan darah tinggi, merokok, rendahnya kadar kolesterol HDL atau kolesterol baik dan juga pola makan yang tak sehat. Selain berolahraga, Anda juga harus menjaga pola makan sehat agar jantung dan arteri tetap sehat. Makanan berikut ini dipercaya untuk mencegah dan membersihkan penumpukan lemak jahat yang ada di pembuluh darah.

Daftar Makanan untuk Menjaga Kesehatan Jantung dan Pembuluh Darah Arteri

Kacang-kacangan

Yang pertama adalah kacang-kacangan. Kacang-kacangan merupakan  cemilan rendah lemak dan kalori yang sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh dan jantung Anda. Sore hari adalah waktu yang tepat untuk ngemil, jika Anda memiliki kebiasaan tersebut mungkin segenggam kacang dapat menemani sore Anda.

Kacang almond mengandung lemak tak jenuh tunggal, serat dan juga vitamin E yang baik untuk arteri dan juga jantung.  Menurut American Heart Association, lemak tak jenuh tunggal dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam darah dan pastinya dapat menurunkan risiko penyakit jantung serta stroke.

Asparagus

Ahli kimia organik dan juga penulis Over-The-Counter Natural Cures, Shane Ellison mengatakan bahwa asparagus juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk menjaga kesehatan jantung dan arteri. Asparagus yang Anda konsumsi dapat membantu untuk menangkal pembekuan pembuluh darah yang mematikan.

Alpukat

Berikutnya adalah buah alpukat. Jika dibandingkan dengan menggunakan mayonaise pada sandwich, menggunakan irisan tipis alpukat pada sandwich lebih sehat dan pastinya lebih lezat. Sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari Meksiko pada tahun 1996 mengatakan bahwa mengonsumsi buah alpukat setiap hari selama satu minggu dapat menurunkan kadar kolesterol jahat sebesar 17 persen.

Sedangkan kolesterol baik dalam tubuh pun akan meningkat. Tak hanya baik untuk jantung dan arteri, alpukat juga baik untuk ibu hamil. Salah satu manfaat alpukat untuk ibu hamil adalah dapat mencegah bayi lahir cacat.

Delima

Delima merupakan makanan untuk kesehatan jantung dan arteri selanjutnya. Sebuah studi pada tahun 2005 yang diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences mengatakan bahwa jus delima kaya akan antioksidan yang mampu merangsang produksi oksida nitrat. Oksida nitrat sendiri dapat membantu menjaga aliran darah agar tetap lancar dan arteri pun dapat terbuka sebagaimana mestinya.

Minyak Zaitun

Tak hanya berguna untuk menjaga kecantikan wajah, kulit ataupun rambut. Minyak zaitun juga dapat dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan jantung dan arteri.

Sebuah studi 2011 menemukan bahwa orang-orang berusia 65 tahun atau lebih yang mengonsumsi minyak zaitun secara teratur dapat menurunkan risiko terserang penyakit jantung hingga stroke sebesar 41 persen jika dibandingkan dengan mereka yang tak pernah mengonsumsinya.

Meskipun minyak zaitun merupakan minyak sehat, namun pastikan Anda tetap menggunakannya dengan hemat. Karena semua lemak mengandung jumlah kalori yang sama.

Ikan Salmon

Ikan salmon dan ikan berlemak lainnya seperti ikan makerel, herring dan tuna kaya akan asam lemak omega 3 yang berguna untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung.

Selain itu, asam lemak omega 3 tersebut juga dapat mengurangi peradangan dan menurunkan kadar trigliserida serta dapat membantu meningkatkan kolesterol HDL Anda.

Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh kaya akan serat larut yang mampu mengikat kolesterol dan membantu mengeluarkannya dari tubuh Anda. Biji-bijian utuh yang dapat Anda nikmati antara lain beras merah, gandum dan juga oatmeal.

Makananan Kaya dengan Tanaman Sterol

Tahukah Anda bahwa sterol merupakan salah satu senyawa yang dapat menetralkan lemak jahat di dalam tubuh? Oleh karena itu mulailah mengonsumsi makanan menyehatkan berikut ini. Sterol dapat ditemukan di dalam produk susu, jus jeruk dan margarin tertentu.

Demikianlah ulasan mengenai makanan untuk kesehatan jantung dan arteri yang penting diketahui dan dikonsumsi.

 

Sumber : disehat.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel