Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Kesehatan Jantung ternyata Mempengaruhi Fungsi Otak

Kita tahu jika tubuh manusia bekerja secara keseluruhan dan organ tertentu bisa mempengaruhi organ yang lainnya. Di dalam tubuh manusia dibagi menjadi beberapa bagian berbeda yang juga melayani fungsi yang berbeda, tapi salah satu sistem besar memerlukan kontribusi yang optimal di sekitar tubuh. Contohnya jantung, jantung kita bekerja dengan hati, paru-paru dan otak, jadi ketika salah satu dari organ tersebut memiliki masalah, itu akan mempengaruhi seluruh sistem.

Kemampuan seseorang untuk belajar dan mengingat akan semakin menurun seiring bertambahnya usia, hal ini sangat wajar, karena otak mengalami penurunan fungsi secara perlahan. Tetapi ada hubungan menarik antara jantung dan otak dimana salah satu kunci mempertahankan kemampuan fungsi kognitif otak adalah dengan  menjaga kesehatan jantung.

Hubungan antara kesehatan otak dan jantung

Pengaruh aktivitas jantung pada fungsi otak telah diteliti secara ekstensif selama sekitar 40 tahun terakhir. Para ilmuwan di HeartMath Institute telah melakukan penelitian ilmiah dengan melihat bagaimana pola skala yang lebih besar dari aktivitas jantung mempengaruhi fungsi otak.

Penelitian HeartMath telah menunjukkan bahwa pola yang berbeda dari aktivitas jantung (yang menyertai keadaan emosional yang berbeda) memiliki efek yang berbeda pada fungsi kognitif dan emosional. Selama stres dan emosi yang tidak terkontrol, di saat itu pula irama jantung menjadi tidak menentu dan tidak teratur, sehingga akan mempengaruhi sinyal saraf dari jantung ke otak yang pada gilirannya akan menghambat fungsi kognitif otak. Hal ini akan membatasi kemampuan kita untuk berpikir jernih, mengingat, belajar, dan membuat keputusan yang efektif.

3 Cara untuk meningkatkan kesehatan Jantung

Seperti yang sudah kita ketahui di atas bahwa kesehatan otak sangat dipengaruhi oleh jantung, sehingga kita memerlukan langkah untuk melindungi fungsi jantung dan kesehatannya secara keseluruhan. Sebenarnya menjaga kesehatan jantung bukan hanya berpedoman kepada meningkatkan fungsi otak, mengingat jantung itu sendiri juga merupakan organ penting di dalam tubuh. Berikut beberapa tips sederhana untuk menjaga kesehatan jantung anda:

1. Olahraga cukup: Gaya hidup menjadi salah satu modal penting dalam menjaga kesehatan jantung kita. Kehidupan masyarakat moderen kadang menyisihkan aktivitas fisik sebagai kegiatan keseharian, entah karena kesibukan atau malas. Jika anda tidak memiliki waktu terlalu banyak untuk berolahraga itu tidak terlalu masalah. Anda hanya membutuhkan setidaknya 30 menit aktivitas fisik setiap hari untuk meningkatkan sirkulasi dan menurunkan tekanan darah, hal ini sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu aktivitas fisik juga dapat membantu anda mengontrol berat badan dimana ini merupakan kunci penting dalam menjaga kesehatan jantung anda.

2. Konsumsi makanan sehat: Tidak bisa dipungkiri jika memulai hidup sehat selalu melibatkan makanan. Hal ini dikarenakan makanan itu sendiri merupakan bahan bakar dan pembangun tubuh manusia. Memilih makanan sehat seperti buah, sayur, jenis kacang, bijian utuh dan makanan rendah lemak menjadi cara brilian untuk menjaga kesehatan jantung yang pada gilirannya akan meningkatkan fungsi otak juga.

3. Dapatkan sinar matahari: Mencukupi kebutuhan Vitamin D dikaitkan dengan kesehatan jantung dan fungsi kognitif otak. Kekurangan nutrisi ini dapat menambah peningkatan risiko penyakit jantung dan penurunan fungsi otak termasuk alzheimer. Menghabiskan 20 sampai 60 menit di bawah sinar matahari per hari, dapat menjadi cara untuk memperoleh asupan vitamin D yang cukup.

 

Sumber : manfaatcaramengatasi.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel