Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Khasiat & Manfaat Ubi Bit Merah

Banyak sekali orang yang belum mengetahui tentang ubi bit merah. Dalam bahasa Inggris ubi bit merah dikenal dengan beetroot atau disebut dengan bit saja. Ubi ini merupakan tanaman liar yang tumbuh subur di Amerika utara dan Britania. Bit jarang digunakan dalam campuran masakan, tetapi masyarakat Eropa, Afrika Utara dan Asia banyak menggunakan bit dalam masakan mereka.

Khasiat dan Manfaat Ubi Bit Merah

 

 

 

 

Bit yang berwarna kemerahan ini dihubungkan dengan warna darah manusia, karena bit dapat digunakan dalam mengatasi anemia dan berbagai penyakit yang berhubungan dengan pembentukan sel darah pada manusia. Bit kaya akan  zat besi, ketika meminum jus ubi bit maka dapat mengaktifkan sel-sel darah merah dengan menyuplai oksigen ke seluruh tubuh  dan membantu sistem pernafasan agar kembali normal.

Ubi bit merupakan umbi-umbian yang rendah kalori dan mengandung berbagai jenis vitamin dan mineral. Hasil penelitian yang dilakukan oleh Barts & London School of Medicine dan Peninsula Medical School, bahwa dengan meminum jus ubi bit dapat menurunkan tekanan darah yang tinggi. Menurut Prof. Amrita Ahluwalia dari Barts & London School of Medicine, ubi bit mengandung nitrat yang dapat memelihara kesehatan jantung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tekanan darah dapat menurun dalam waktu 1 jam setelah meminum jus bit. Tekanan darah terus menurun setelah 3-4 jam meminum jus bit dan hasilnya dapat dilihat dalam 24 jam dan seterusnya.

Kandungan nitrat yang terdapat dalam ubi bit menyebabkan ubi ini tidak dapat dikonsumsi oleh bayi berusia di bawah enam bulan. Baru-baru ini ubi bit dikatakan dapat berfungsi sebagai antikarsinogen dan antimutagenik yang dapat mencegah dan mengobati kanker.

Menurut Hugo Schulz, seorang ahli Farmasi dari Jerman, Pakar Kanker dari Jerman, yang membuat kajian pada tahun 1983 melalui hasil kajian akademiknya pada tahun 1964 dan H O Kleine, bahwa bit dapat mencegah tubuh dari kanker.

Para ahli pengobatan tradisional pun mempercayai jika seseorang meminum jus ubi bit yang telah dicampurkan dengan sayuran lain seperti lobak dan timun, dapat membersihkan ginjal dan empedu serta dapat menyehatkan kembali organ-organ tersebut.

Salad ubi bit merah lebih enak jika dimasak bersama minyak bunga matahari atau minyak zaitun serta ditambahkan sedikit cuka. Jika tidak suka dengan campuran minyak dan cuka, dapat dikonsumsi dalam bentuk mentah atau dicampur dengan daun seledri, tomat, kentang dan sayuran lainnya. Selain itu, dapat dihidangkan dengan mayones. Ubi bit yang telah dicampur dengan madu boleh dimakan sebelum sarapan karena dapat mengurangi masalah penyakit lambung.

 

 

Sumber : majalahkesehatan.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel