Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Tips SEHAT untuk MATA ANDA

Jakarta, Seiring bertambahnya usia, penglihatan seseorang akan berkurang kemampuannya. Penglihatan Anda pada hari ini bisa jadi lebih baik ketimbang bulan depan. Karena perubahannya bertahap, maka menurunnya kemampuan penglihatan bisa diketahui melalui tes penglihatan.

Meskipun kerusakan penglihatan tidak bisa dihindari, tetapi Anda dapat memperlambat prosesnya. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah mengajak mata berolahraga.

Dikutip dari Times of India, Senin (6/5/2013), olahraga mata dilakukan dengan melatih otot belakang mata. Kegiatan ini akan memperkuat gerakan mata dan meningkatkan sirkulasi darah ke mata. Memang senam mata tidak akan serta merta meningkatkan penglihatan Anda, namun kegiatan ini bisa mengurangi kelelahan mata sehingga membantu mata bekerja lebih baik.

Ada berbagai macam senam mata. Misalnya, seperti dikutip dari optikmelawai.co.id, dengan duduk tegak di depan meja dan letakkan siku di permukaan. Kemudian gunakan telapak tangan untuk menutup kedua mata dengan lembut. Jangan sampai ada cahaya yang masuk ke mata melalui sela-sela jari, dan lakukan kegiatan ini selama 30 detik.

Senam mata lainnya adalah dengan menutup mata rapat-rapat, lalu arahkan kepala ke atas atap ruangan lalu ke lantai. Lakukan gerakan selama 3 kali, lalu buka mata. Lakukan hal yang sama, tapi kali ini arahkan pandangan ke titik fokus jauh dan dekat, lalu ke kanan dan kiri, selama 3 kali. Untuk hasil terbaik, usahakan tidak menggerakan otot wajah lain kecuali otot mata.

Berikut ini beberapa cara lain untuk meningkatkan kesehatan mata, seperti disarankan oleh Times of India:

1. Makan Wortel

Selain olahraga mata, kemampuan penglihatan bisa dijaga kesehatannya dengan rajin memakan wortel. Selama Perang Dunia II, British Royal Air Force menyebarkan cerita tentang bagaimana seorang pilot pesawat tempur terampil bernama John ‘Mata Kucing’ Cunningham dapat melihat dengan baik saat penerbangan di malam hari lantaran rajin mengonsumsi wortel.

Kisah itu mungkin sekadar cerita ninabobo, tapi wortel memang bermanfaat bagi kesehatan mata Anda. Kandungan beta-karoten pada wortel akan diubah menjadi vitamin A oleh tubuh, inilah yang akan membantu penglihatan Anda awet sehat. Selain vitamin A, vitamin C, vitamin E dan seng juga terbukti mampu menjaga kesehatan penglihatan.

2. Pakai Kacamata Hitam dengan UV Protection

Sinar UV dan bahkan sinar matahari yang memantul dari permukaan reflektif seperti salju atau pasir dapat membahayakan mata. Sinar tersebut diyakini bisa meningkatkan risiko katarak, degenerasi makula, atau pterygium (ketika jaringan di atas putih mata tumbuh ke dalam kornea mata).

Cara terbaik untuk mencegah masalah tersebut adalah dengan memakai kacamata hitam yang memiliki perlindungan UV tinggi. Saat berjalan-jalan di cuaca terik, pakailah kacamata hitam yang menghalangi 99 persen sampai 100 persen dari UVA dan UVB. Kacamata hitam tidak hanya melindungi dari sinar UV yang berbahaya, tetapi juga mengurangi ketegangan mata dari kondisi terang dan melindungi mata dari debu.

3. Penerangan yang Baik

Ruangan yang terlalu gelap akan membuat mata meregang demi bisa membaca atau melihat sesuatu. Jadi, jika Anda mengalami kesulitan melihat atau membaca sesuatu, berilah cahaya tambahan di ruangan Anda. Pencahayaan yang cukup akan membuat mata rileks.

Tapi ingat juga bahwa cahaya terang dapat membuat mata rusak. Terlalu lama terkena cahaya dapat merusak jaringan mata dan mempercepat kerusakan penglihatan. Untuk itu Anda dapat mengurangi kecerahan ruangan dengan meredupkan lampu, menggunakan lampu dengan cahaya lembut atau menutup tirai di siang hari.

4. Sesuaikan Monitor Komputer Anda

Menatap layar komputer sepanjang hari dapat menurunkan kemampuan penglihatan Anda. Jika pekerjaan Anda mengharuskan menatap layar komputer sepanjang hari, maka yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata adalah dengan menyesuaikan kecerahan monitor untuk mengakomodasi kecerahan ruangan.

Layar komputer yang redup di malam hari lebih baik bagi mata Anda daripada layar komputer yang menyala terang. Jika Anda tidak ingin disibukkan dengan aktivitas mengtur kecerahan monitor komputer setiap pagi dan malam, Anda dapat mendownload f.lux, software untuk komputer yang akan membuat layar komputer Anda beradaptasi dengan waktu harian.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel