Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Penyakit – Penyakit Yang Dipicu Oleh ASAM URAT

Tubuh secara alami memroduksi asam urat, baik sebagai produk dari bahan kimia lain yang disebut purin, atau sebagai produk sintesis dari bahan kimia yang lebih kecil. Asam urat biasanya dibawa melalui darah, disaring oleh ginjal, kemudian diekskresikan dalam urine. Banyak faktor – termasuk usia, jenis kelamin, kondisi medis, diet dan obat – dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat dalam tubuh. Kondisi ini dikenal dengan istilah hiperurisemia.

Kadar asam urat yang tinggi dalam darah dapat menyebabkan pembentukan kristal asam urat, yang dapat menyebabkan efek buruk pada berbagai bagian tubuh. Berikut adalah beberapa masalah kesehatan yang dipicu oleh kadar asam urat yang tinggi dalam tubuh, seperti dilansir Livestrong.

1. Batu ginjal

Jika kadar asam urat tinggi, kristal asam urat dapat terbentuk di dalam ginjal, kandung kemih atau ureter – tabung sempit yang menghubungkan ginjal ke kandung kemih. Risiko batu ginjal akan meningkat pada mereka yang kerap mengalami dehidrasi kronis karena tidak minum cukup air secara rutin.

2. Gout atau pirai

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh dapat menyebabkan penyakit arthritis yang disebut gout. Gout adalah peradangan akibat adanya endapan kristal asam urat pada sendi dan jari. Akumulasi kristal pada sendi bisa sangat menyakitkan dan menyebabkan penurunan mobilitas sendi. Serangan gout sering terjadi tiba-tiba pada tengah malam, sering dimulai pada sendi jempol kaki dan menyebar ke sendi lainnya.

Sendi yang terkena biasanya akan menjadi merah, bengkak dan sakit. Jika tidak ditangani dengan baik, kristal dapat terus tumbuh menjadi benjolan sebesar bola golf yang dikenal sebagai tophi – yang dapat menghancurkan tulang dan tulang rawan di sekitarnya, dan ini sangat mematikan sendi.

3. Penyakit ginjal

Ginjal bertugas untuk menyaring asam urat dari darah. Namun, kadar asam urat yang tinggi dalam darah harus membuat ginjal bekerja lebih keras, yang pada akhirnya dapat merusak ginjal. Sekitar 25 persen orang dengan kadar asam urat yang tinggi mengembangkan penyakit ginjal progresif, menurut University of Maryland Medical Center. Penyakit ginjal progresif dapat menyebabkan gagal ginjal.

4. Kondisi lain

Tingginya kadar asam urat dalam tubuh kadang-kadang juga dikaitkan dengan tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Namun, para ahli belum tahu apakah kadar asam urat yang tinggi menyebabkan kondisi ini atau sebaliknya, justru tingginya kadar asam urat dalam tubuh disebabkan oleh kondisi ini.

Hindari makanan yang berpotensi memicu kenaikan asam urat dalam tubuh. Dan jangan abaikan gejala asam urat yang Anda alami karena itu bisa berbahaya bagi tubuh!

 

 

Sumber : merdeka.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel