Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Manfaat SEHAT Jus Buah BIT

Jakarta, Jus bit yang berwarna keunguan itu ternyata mampu menurunkan tekanan darah. Peneliti menemukan bahwa dosis 8 ons atau kira-kira sekitar satu gelas jus buah bit dapat membantu menurunkan tekanan darah seseorang hingga 7 persen.
Manfaat SEHAT Jus Buah BIT
Dengan mengonsumsi makanan tinggi nitrat dapat memicu serangkaian reaksi kimia dalam darah, yang dapat meningkatkan oksigen dalam tubuh, khususnya pada bagian tubuh yang sedang kekurangan kandungan oksigen. Dari hasil penelitian, ditemukan hasil bahwa penurunan tekanan darah ini disebabkan oleh kandungan nitrat alami yang dimiliki oleh bit. Selain pada bit, konsentrasi tinggi nitrat alami juga ditemukan pada seledri, kubis, serta sayuran berwarna hijau seperti bayam dan selada.

Jus bit yang digunakan dalam penelitian ini kira-kira berisi 0,2 gram nitrat, setara dengan semangkuk besar selada atau 2 buah bit.

“Kami terkejut dengan betapa besar efek yang dihasilkan dari sejumlah nitrat itu,” ucap Amrita Ahluwalia, peneliti utama dan seorang profesor farmakologi vaskular di The Barts and The London Medical School.

“Harapan kami dengan ditemukannya hasil ini maka kesadaran masyarakat untuk mau mengonsumsi sayuran, khususnya sayuran dengan nitrat tinggi seperti sayuran berdaun hijau atau buah bit, bisa dijadikan gaya hidup untuk dapat meningkatkan kesehatan jantung,” lanjutnya.

Buah bit dapat ditemukan dengan mudah di pasar, baik pasar tradisional maupun pasar swalayan. Buah ini memang belum cukup populer, namun dapat dijadikan sebagai bentuk pencegahan timbulnya penyakit jantung.

Dikutip dari Dailymail, Selasa (16/4/2013) diperkirakan sekitar 16 juta orang di Inggris memiliki tekanan darah tinggi, sepertiganya bahkan tidak menyadarinya. Tekanan darah tinggi seperti telah diketahui merupakan faktor risiko utama pernyakit jantung, stroke, dan gagal ginjal.

Penelitian ini dilakukan dengan melibatkan 8 wanita dan 7 pria yang memiliki tekanan darah sistolik 140 hingga 159 mmHg dan tidak sedang mengonsumsi obat penurun tekanan darah.

Seperti dilaporkan dalam jurnal hipertensi American Heart Association, para peserta diminta untuk meminum 250 ml jus bit dan air yang mengandung rendah nitrat. Tekanan darah mereka dimonitor selama 24 jam. Hasilnya, dibandingkan dengan mereka yang meminum air saja, orang-orang yang meminum jus bit tekanan darah sistoliknya turun hingga 10 mmHg. Efeknya terlihat 3 sampai 6 jam setelah minum jus, ettapi tetap terlihat bahkan 24 jam setelah meminum jus tersebut.

Penelitian sebelumnya telah mengungkapkan bahwa buah bit dapat meningkatkan stamina dan dapt menignkatkan suplai darah ke daerah vital di otak. Dengan ditemukannya lagi fakta baru tentang buah bit, maka jangan ragu lagi untuk rutin mengonsumsi buah ini.

Namun perlu diingat, selain mengonsumsi jus ini juga harus ada kemauan untuk merubah gaya hidup, seperti mengurangi konsumsi garam dan alkohol, rutin berolahraga, rutin kontrol tekanan darah, dan mau mengonsumsi obat jika memang diberikan.

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel