Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Yang Terbuang Ternyata Punya Manfaat

Jakarta, Kebutuhan nutrisi tidak selalu harus didapat dari makan besar yang mengenyangkan. Biji-bijian yang terkadang sering terabaikan, lalu terbuang menjadi limbah pun punya kandungan nitrisi yang layak diperhitungkan. Kecil, tapi berguna.

Biji semangka misalnya, terkadang hanya dibuang karena yang lebh disukai adalah daging buahnya. Hanya para pembuat kuwaci saja yang tertarik untuk mengumpulkannya, dan baru dilirik orang setelah tersaji menjadi camilan gurih kesukaan anak-anak.

Berikut ini beberapa contoh biji-bijian lain yang kaya nutrisi namun sering terabaikan, seperti dikutip dari Times of India, Rabu (20/2/2013).

1. Biji bunga matahari
Biji bunga matahari kaya akan vitamin E, yakni salah satu nutrisi yang membantu menjaga kesehatan sistem peredaran darah. Selain itu, biji ini juga mengandung triptifan yang bisa menenangkan otak supaya tidak mudah stres. Kebetulan, biji-bijian ini juga sering dibuat kuwaci.

2. Biji labu
Secara alami, biji buah labu punya kandungan yang mampu meredakan imflamasi atau radang. Manfaatnya banyak, yakni mencegah bergaia penyakit kronis yang dipicu oleh radang seperti kanker maupun gangguan jantung dan pembuluh darah. Kelebihannya adalah tidak punya efek samping seperti halnya obat.

3. Biji semangka
Biji-bijian ini sering menjadi limbah yang tidak termanfaatkan saat makan buah semangka. Beberapa orang mengumpulkannya untuk dikeringkan, dipanggang dengan garam lalu dijadikan kuwaci. Kandungan nutrisinya banyak, mulai dari zat besi, kalium, vitamin, lemak dan kalori yang penting untuk tubuh.

4. Biji wijen
Wijen adalah salah satu biji-bijian dengan kandungan nutrisi paling kaya di dunia. Di dalamnya terdapat kalsium, magnesium, tembagan, mangan, seng, vitamin dan serat. Senyawa antikanker, lignin juga banyak ditemukan dalam biji yang sering dipakai untuk pelapis jajanan pasar ini. Jangan lupa, minyaknya juga sangat berkhasiat.

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel