Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Gangguan TMJ ( Temporomandibular Joint )

Deskripsi

Temporomandibular joint (TMJ) berfungsi seperti engsel geser yang menghubungkan antara tulang rahang dengan tengkorak. Gangguan TMJ dapat menyebabkan nyeri pada sendi rahang dan otot-otot yang berperan dalam gerakan kontrol rahang.

Penyebab

Penyebab pasti dari gangguan sendi rahang seringkali sulit untuk ditentukan. Rasa sakit mungkin karena kombinasi dari masalah lain seperti arthritis atau cedera rahang. Gangguan TMJ dapat terjadi akibat:

1. Cakram mengikis atau bergerak keluar dari keselarasannya
2. Tulang rawan sendi rusak oleh arthritis
3. Rusak akibat pukulan atau tekanan yang terlalu kuat

Dalam banyak kasus, penyebab pasti gangguan sendi rahang ini tidak jelas.

Gejala

Tanda dan gejala gangguan TMJ dapat meliputi:

1. Sakit atau nyeri pada rahang
2. Nyeri di dalam dan sekitar telinga
3. Kesulitan mengunyah atau ketidaknyamanan saat mengunyah
4. Nyeri wajah
5. Penguncian sendi rahang, sehingga sulit untuk membuka atau menutup mulut

Pengobatan

Gangguan TMJ juga dapat menyebabkan suara klik ketika Anda membuka mulut atau mengunyah. Tapi kalau tidak ada rasa sakit atau pembatasan gerak yang berhubungan dengan rahang, Anda mungkin tidak memerlukan pengobatan untuk gangguan sendi rahang.

Dalam beberapa kasus, gejala gangguan TMJ dapat sembuh tanpa pengobatan. Jika gejala bertahan, dokter dapat merekomendasikan berbagai pilihan pengobatan, seperti:

1. Obat-obatan
Dalam hubungannya dengan perawatan nonsurgical lainnya, obat-obat yang dapat membantu meringankan rasa sakit yang terkait dengan gangguan sendi rahang mungkin termasuk obat penghilang rasa, antidepresan trisiklik, relaksan otot, dan obat penenang.

2. Terapi
Nonpharmaceutical pengobatan untuk gangguan TMJ meliputi terapi fisik dan konseling.

3. Prosedur bedah atau operasi
Ketika metode lain tidak membantu, dokter mungkin menyarankan prosedur seperti:

- Arthrocentesis. Prosedur ini melibatkan penyisipan jarum ke dalam sendi sehingga cairan yang dapat diairi melalui sendi untuk menghilangkan kotoran dan produk sampingan inflamasi.
- Suntikan. Pada beberapa orang, suntikan kortikosteroid ke dalam sendi dapat membantu.
- Bedah. Pembedahan dilakukan untuk memperbaiki atau mengganti sendi.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel