Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

SINDROM KOMPARTEMEN EKSERSIONAL KRONIS

Deskripsi

Sindrom kompartemen eksersional kronis atau biasa disebut dengan sindrom kompartemen adalah kondisi neuromuskular yang dipicu oleh olahraga dan menyebabkan nyeri, pembengkakan hingga kelumpuhan pada otot kaki atau lengan yang terkena sindrom.

Kondisi ini biasanya jarang terjadi pada orang biasa, kecuali atlit olahraga yang memerlukan gerakan berulang-ulang seperti lari, jalan cepat, bersepeda dan berenang.

Penyebab

Lengan dan kaki mengandung beberapa kompartemen atau sekelompok jaringan yang berisi otot, pembuluh darah dan saraf. Tiap kompartemen dibungkus oleh lapisan jaringan ikat yang tebal dan disebut dengan fascia. Masalahnya fascia ini bersifat tidak elastis atau memiliki kemampuan meregang yang kecil.

Namun pada penderita sindrom kompartemen ini, olahraga atau kontraksi otot yang berulang-ulang menyebabkan tekanan jaringan di dalam kompartemen meningkat hingga ke level yang tidak normal. Tapi karena fascia tidak dapat merenggang, jaringan di dalam kompartemen tak dapat mengembang dengan baik.

Akibatnya saraf dan pembuluh darah akan ikut tertekan. Aliran darah pun menurun sehingga jaringan otot kekurangan darah yang berisi oksigen atau biasa disebut dengan ischemia. Hal ini dapat menyebabkan saraf dan otot mengalami kerusakan.

Meski begitu para pakar tak tahu pasti mengapa olahraga atau kontraksi otot dapat menciptakan tekanan berlebihan sehingga mengakibatkan sindrom kompartemen eksersional. Sejumlah pakar menduga hal ini disebabkan oleh biomekanisme atau bagaimana pergerakan Anda ketika melakukan aktivitas tertentu; pembesaran otot; kondisi khusus pada fascia; atau tekanan yang tinggi di dalam pembuluh darah (hipertensi vena).

Gejala

- Nyeri kram dan seperti terbakar, terutama di kaki bagian bawah, paha, lengan atas, lengan bawah dan tangan
- Terasa mengencang
- Mati rasa atau kesemutan
- Lemas
- Pada beberapa kasus yang parah terjadi foot drop atau kelumpuhan otot kaki, terutama jika saraf kaki juga ikut terkena sindrom
- Membengkak sebagai akibat dari hernia otot

Pengobatan

Operasi fasciotomi atau fascietomi

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel