Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Penyakit RADANG PANGGUL

Deskripsi

Penyakit radang panggul atau yang dikenal dengan Pelvic inflammatory disease (PID) adalah infeksi pada organ reproduksi wanita. Hal ini biasanya terjadi ketika bakteri menular seksual menyebar dari vagina ke rahim dan saluran kelamin bagian atas.

Penyebab

PID disebabkan oleh praktek seksual yang tidak aman yang meningkatkan kemungkinan untuk mengembangkan infeksi menular seksual (IMS). Praktek seksual yang tidak aman tersebut seperti seks tanpa kondom, atau bergonta-ganti pasangan yang dapat meningkatkan risiko penyakit radang panggul.

Beberapa bentuk alat kontrasepsi juga dapat mempengaruhi risiko terkena penyakit radang panggul. Sebuah alat kontrasepsi kontrasepsi (IUD) dapat meningkatkan risiko PID, tetapi metode penghalang, seperti kondom, dapat mengurangi risiko tersebut.

Penggunaan pil KB saja tidak dapat menawarkan perlindungan terhadap IMS. Tapi pil mungkin menawarkan beberapa perlindungan terhadap pengembangan PID dengan menyebabkan tubuh untuk membuat lendir serviks yang lebih tebal, sehingga lebih sulit bagi bakteri untuk mencapai saluran genital bagian atas.

Bakteri juga dapat memasukkan saluran reproduksi ketika melahirkan, keguguran, aborsi atau biopsi endometrium (prosedur untuk menghapus sepotong kecil jaringan dari lapisan rahim untuk tes laboratorium).

Gejala

Tanda dan gejala dari penyakit radang panggul dapat meliputi:

1. Nyeri pada perut bagian bawah dan panggul
2. Keputihan berat dengan bau yang tidak menyenangkan
3. Menstruasi tidak teratur
4. Nyeri selama berhubungan seksual
5. Nyeri punggung
6. Demam, kelelahan, diare atau muntah
7. Nyeri atau sulit buang air kecil

Pengobatan

Antibiotik adalah pengobatan standar untuk penyakit radang panggul. Dokter mungkin meresepkan kombinasi antibiotik sebelum hasil tes laboratorium keluar. Dokter mungkin juga meresepkan obat untuk menghilangkan rasa sakit dan merekomendasikan untuk memperbanyak istirahat.

Pengobatan rawat jalan cukup untuk mengobati penyakit radang panggul terhadap sebagian besar wanita. Namun, jika sakit tersebut telah parah, Anda mungkin memerlukan rawat inap di rumah sakit agar Anda menerima antibiotik intravena (IV) diikuti oleh antibiotik oral.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel