Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Kebiasaan Buruk yang Buat ANDA Rentan Kena FLU

Jakarta, Virus flu mudah sekali menular dari orang ke orang, karena media penularannya sangat mudah seperti kontak dengan orang yang terinfeksi. Beberapa kebiasaan buruk yang Anda lakukan sehari-hari juga dapat membuat Anda lebih rentan tertular virus flu.

Flu ditandai dengan pilek, batuk, rasa tidak nyaman di tenggorokan dan demam yang dapat mengganggu aktivitas seseorang. Virus flu sangat mudah menular dan menyerang seseorang yang sistem kekebalan tubuhnya lemah.

Berikut 8 kebiasaan buruk yang sering Anda lakukan dan menjadi faktor tertularnya virus flu, seperti dilansir everydayhealth, Senin (14/1/2013) antara lain:

1. Terlalu khawatir akan terserang flu
Panik yang berlebihan tentang sakit dapat membuat Anda sakit. Penelitian menunjukkan, bagaimanapun, bahwa kecemasan dapat memanifestasikan dirinya dalam berbagai macam penyakit, termasuk refluks asam, insomnia, ruam kulit, dan depresi.

Sehingga tidak mengherankan bahwa stres dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan membuat Anda lebih rentan terhadap virus flu. Tetapi Anda tetap harus mengkhawatirkan hal ini dengan selalu berjaga-jaga.

2. Memeluk, mencium, dan berjabat tangan
Kontak dekat dengan individu yang terinfeksi adalah salah satu cara penularan virus. Hal ini bukan berarti mengharuskan Anda untuk antisosial sepanjang musim flu, tetapi cobalah untuk tidak menyentuh mulut atau mata Anda setelah kontak dan sebelum cuci tangan.

3. Merokok
Merokok dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit karena asap rokok dapat menjadi polutan yang terjebak pada rambut-rambut kecil dalam saluran hidung dan paru-paru.

Hal ini dapat membuat tubuh Anda lebih rentan terhadap serangan. Penelitian juga menunjukkan bahwa kerusakan paru-paru yang disebabkan oleh merokok, juga dapat berkembang menjadi komplikasi yang serius ketika Anda terserang flu.

4. Berolahraga terlalu keras

Olahraga di gym yang terlalu keras bukannya dapat menjaga tubuh agar tetap sehat, tetapi malah melemahkan sistem kekebalan tubuh. Olahraga yang terlalu keras dapat menambah stres fisik, mengganggu tidur, dan dehidrasi yang melemahkan sistem kekebalan tubuh.

5. Minum minuman beralkohol
Sebuah studi di BMC Immunology menemukan bahwa tikus yang mengonsumsi alkohol dalam jumlah besar dalam waktu singkat memiliki sistem kekebalan yang lemah dan lebih sulit melawan infeksi akibat virus flu selama minimal 24 jam.

Efek samping lain dari minum alkohol adalah mudah dehidrasi, yang mengganggu hidung dan tenggorokan, yang menurunkan kemampuan untuk menjebak kuman dan mengeuarkannya dalam bentuk lendir.

6. Hanya mengandalkan gel pembersih tangan antibakteri
Pertama, pembersih tangan yang baik harus mengandung etanol, atau isopropanol. Kedua, membersihkan tangan dengan gel pembersih tidak menggantikan mencuci tangan yang konvensional.

Cuci tangan menggunakan sabun dan air merupakan cara terbaik untuk membasuh virus dan kuman penyebab flu dari tangan.

7. Tergesa-gesa dalam mencuci tangan
Terlalu banyak orang tidak mencuci tangan dengan benar dan biasanya hanya mencuci tangan selama kurang dari 15 detik, padahal para ahli merekomendasikan untuk mencuci tangan selama 20 detik atau lebih.

8. Jarang memcuci atau mengganti masker wajah
Masker wajah memang dapat membantu mencegah penyebaran flu, tetapi Anda harus mampu menanganinya dengan baik agar virus tidak menumpuk dalam masker. Cucilah masker lebih sering dan jangan menyentuh bagian depan masker, karena paling terkontaminasi.

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel