Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Inilah ‘BODYGUARD’ Alami ANDA

Seseorang akan melakukan berbagai cara untuk melindungi tubuhnya agar tetap sehat. Tapi sebenarnya, setiap orang memiliki bodyguard alami dan aneh yang bisa menjaga seseorang tetap sehat. Apa saja itu?

Beberapa penjaga alami di tubuh ini kadang bisa membuat seseorang merasa malu jika terjadi di tempat umum. Meski begitu, beberapa orang kadang tidak menyadari bahwa hal ini terjadi untuk membantu tubuh agar tetap sehat.

Berikut ini ‘bodyguard’ alami dan aneh di tubuh yang bikin seseorang tetap sehat, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Senin (14/1/2013) yaitu:

1. Pipi memerah

Tanpa disadari pada situasi tertentu pipi seseorang bisa langsung memerah, yang kadang membuatnya sampai malu. Meski terkadang memalukan, tapi kondisi ini ada gunanya bagi tubuh.

Psikolog dari Cambridge University menuturkan wajah yang memerah merupakan tanda bahwa manusia adalah makhluk sosial yang berkomunikasi dengan satu sama lain. Ini bisa jadi sinyal ke orang lain saat seseorang marah atau malu.

2. Adrenalin rush

Pada kondisi tertentu seseorang bisa merasakan aliran adrenalin di dalam tubuhnya yang kadang diikuti dengan perubahan detak jantung dan organ tubuh lainnya. Ini adalah salah satu metode alami manusia yang menjaganya tetap hidup dalam situasi mengancam. Respons tubuh fight or flight ini pertama kali diciptakan oleh Profesor Walter Bradford Cannon dari Harvard Medical School tahun 1932.

3. Merinding

Suka atau tidak, pada lingkungan yang terlalu dingin atau situasi tertentu, seseorang bisa mengalami merinding yang ditandai dengan menonjolnya pori-pori di tubuh dan berdirinya bulu di kulit. Merinding disebabkan oleh kontraksi otot-otot, salah satunya adalah memungkinkan seseorang mempertahankan panas tubuh untuk mengurangi suhu dingin.

4. Berkeringat

Menurut Journal of Applied Physiology, manusia memiliki sekitar 2 juta kelenjar keringat. Meski sebagian besar orang tidak menyadari, tapi berkeringat ada salah satu cara tubuh untuk mengeluarkan racun dan juga menjaga keseimbangan suhu tubuh. Jika tidak terlalu mengganggu, maka jangan cemas karena keringat adalah hal yang berguna.

5. Cegukan

Tampaknya cegukan tidak berguna bagi orang dewasa dan cenderung menjengkelkan. Tapi para ahli percaya kondisi ini mungkin terkait dengan fakta nenek moyang yang hidup di laut dan menggunakan insang untuk bernapas. Cegukan membuat seseorang beradaptasi ketika masuk ke tempat kering dan membantu mamalia belajar menyusu.

6. Lendir ingus dan bersin

Peneliti dari University of Waikato di Selandia Baru mengungkapkan bahwa lendir ingus aalah salah satu perangkap alami yang cerdik. Ia mencegah kuman jahat agar tidak masuk ke hidung dan paru-paru, yang mana nantinya dapat melakukan berbagai kerusakan.

Sementara lendir ini menjadi penghalang kuman, maka bersin yang terjadi berguna untuk menyingkirkan kuman keluar dari hidung. Bersin ini juga bisa terjadi sebagai cara memerangi alergen (bahan penyebab alergi).

7. Menangis

Professor Randolph Cornelius dari Vassar College New York mengungkapkan air mata tidak hanya berfungsi melembabkan bola mata, tapi juga dapat bertindak sebagai sinyal untuk orang-orang terdekat mengenai suasana hati seseorang. Selain itu menangis bisa membuat seseorang merasa lebih lega sehingga dapat mengurangi kadar hormon stres kortisol di dalam tubuh.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel