Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Pangan Lokal Penting untuk Cegah Penyakit

Yogyakarta, Saat ini makin banyak orang yang terkena penyakit tidak menular seperti jantung, kanker atau prostat. Sebagian besar penyebabnya disebabkan oleh gaya hidup karena makan makanan yang tidak sehat. Untuk itu salah satu cara pencegahannya adalah dengan membangkitkan pangan lokal yang lebih sehat.

“Pangan lokal ini punya potensi untuk cegah penyakit tidak menular,” ujar Prof Ahmad Sulaeman, ahli pangan dari ITB dalam acara Nutritalk Jelajah Gizi Sarihusada di Bale Raos, Yogyakarta, dan ditulis Senin (5/11/2012).

Prof Ahmad menuturkan pangan lokal ini sudah terbukti bagus, namun diperlukan adanya brand imaging. Hal ini penting agar membangkitkan kemauan dari generasi muda untuk mengonsumsi pangan-pangan lokal yang ada di sekitrnya.

Pencarian pangan tradisional atau mencari cara yang alami dapat mempengaruhi seseorang dalam mempertahankan kebugaran, meningkatkan kekebalan, mengurangi racun-racun yang masuk ke dalam tubuh. Prof Ahmad mencontohkan misalnya di daerah Gunung Kidul, Yogyakarta yang terkenal dengan gunung bebatuan dan gersang ternyata memiliki sumber pangan tradisional alternatif yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Seperti halnya beras merah yang mengandung serat 2 kali lipat lebih tinggi, asam lemak esensial, zat besi dan juga vitamin B1 atau tiamin. Serta ada juga belalang goreng yang bisa menjadi sumber protein yang tidak kalah dengan daging sapi, dan mengandung vitamin A.

Sumber pangan lokal di daerah lain seperti sukun yang memiliki zat gizi bagus terutama untuk sumber karbohidratnya, atau umbi-umbian seperti ubi garut yang kandungan vitaminnya lengkap, zat besi dan juga kandungan mineral serta seratnya yang terbilang tinggi.

“Dukung ketahanan dan bantu gizi yang murah untuk keluarga, karena pangan lokal ini ditanam hampir sama dengan organik, jarang disemprot pestisida, kaya rasa dan kandungan gizinya baik. Hanya saja kekurangannya yaitu sanitasinya perlu diperbaiki,” tutur Prof Ahmad.

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel