Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Perhatikan Jenis Ikan yang Dikonsumsi untuk Hindari Kandungan Merkuri

Mengonsumsi ikan mengundang banyak manfaat bagi kesehatan, tapi juga kadang merugikan. Kok bisa?

Efek sehat ikan kerap menjadi sebaliknya jika air tempat hidup ikan itu tercemar merkuri. Namun kabar baiknya, asalkan kandungan asam lemaknya lebih tinggi ketimbang kandungan merkurinya, ikan ini tetap bermanfaat untuk menurunkan risiko serangan jantung. 

Peneliti dari Universitas Umea menemukan bahwa asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan dikaitkan dengan rendahnya risiko serangan jantung. Akan tetapi, kadar merkuri yang tinggi dalam ikan meningkatkan risiko serangan jantung, terutama ketika ikan dengan kadar merkuri yang tinggi juga memiliki tingkat omega-3 yang rendah.

Untuk memaksimalkan manfaat dari omega-3, peneliti menyarankan orang untuk memilih ikan dengan kadar merkuri rendah dan tingkat omega-3 yang tinggi.

Penelitian ini didasarkan pada tingkat methylmercury dan asam lemak omega-3 di antara 572 orang dari Finlandia dan Swedia. Para relawan ini diperiksa sampel darah dan rambutnya. Penelitian itu diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition.

Studi yang sama pernah dilakukan oleh Arizona State Universty. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Ecology dan The Environment ini menunjukkan bahwa ikan yang berkelanjutan–yang sengaja dipelihara dalam karanda–cenderung memiliki konsentrasi yang lebih rendah merkuri dibandingkan ikan yang hidup bebas.

Hampir setiap jenis ikan mengandung merkuri, tetapi beberapa mengandung kadar yang lebih tinggi daripada yang lain, menurut Badan Perlindungan Lingkungan. Merkuri bisa sangat berbahaya bagi ibu hamil karena dapat mempengaruhi bagaimana janin berkembang.

EPA merekomendasikan untuk tak mengonsumsi daging hiu, mackerel, tilefish, dan swordfish karena tingkat tinggi merkurinya. Sedang ikan yang dikenal lebih rendah kadar merkurinya adalah udang, salmon, lele, dan tuna kalengan (yang memiliki tingkat merkuri lebih rendah daripada tuna albacore).

 

 

 

Sumber : tempo.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel