Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Mengontrol Tekanan Darah Tanpa OBAT

Tak semua orang dengan tekanan darah tinggi harus minum obat secara terus menerus. Beberapa ahli menuturkan ada hal-hal yang bisa dilakukan untuk menurunkan tekanan darah tanpa obat.

Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan Finlandia adalah diet dan gaya hidup yang tepat bisa mengurangi kemungkinan seseorang terkena tekanan darah tinggi hingga dua pertiganya.

Sebagian besar orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak menyadarinya karena memang banyak yang tidak menunjukkan gejala sama sekali, karena itu pemeriksaan secara teratur penting dilakukan untuk mendeteksi lebih dini.

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membantunya menurunkan tekanan darah tanpa obat-obatan, seperti dikutip dari Mirror.co.uk, Kamis (13/9/2012) yaitu:

1. Bergerak

Bergerak atau melakukan latihan bisa memperkuat jantung sehingga dapat memompa lebih banyak darah dan mengurangi tekanan pada arteri. Hal ini juga membantu mengurangi berat badan yang dengan sendirinya membantu menurunkan tekanan darah.

Usahakan untuk bergerak selama 30 menit setiap harinya, seperti misalnya berjalan. Namun jika tekanan darah sedang tinggi sebaiknya hindari mengangkat beban kaena bisa menyebabkan peningkatan tekanan darah.

2. Selektif dalam memilih makanan terutama yang kadar garam tinggi

Hubungan garam dan tekanan darah sangat kuat, ini karena garam menarik cairan sehingga meningkatkan volume dan tekanan darah di arteri. Sebagian besar garam yang dikonsumsi bukan dari apa yang ditambahkan ke makanan, tapi memang sudah terkandung dari makanan tersebut.

Untuk itu selalu periksa label makanan yang dikonsumsi, jika mengandung 1,5 gram per 100 gram maka tergolong banyak tapi jika 0,3 gram per 100 gram itu boleh dikonsumsi.

3. Konsumsi 5 porsi buah dan sayur

Kandungan kalium, magnesium dan serat dari buah-buahan dan sayuran bisa menurunkan tekanan darah, sehingga konsumsi 5 porsi sayur dan buah setiap harinya akan mendatangkan banyak manfaat bagi tubuh.

4. Konsumsi makanan berwarna ungu

Ahli gizi Dr Sarah Schenker menuturkan buah dan sayuran berwarna ungu seperti blackcurrant, rasberry, terong, blueberry dan buat bit. Ini mungkin karena ada kandungan anthocyanin yang membantu meregangkan pembuluh darah serta meningkatkan aliran darah.

5. Konsumsi susu rendah lemak dan kedelai

Penelitian dari Tulane University di New Orleans mengungkapkan susu rendah lemak dan protein dari kedelai bisa memiliki efek penurun tekanan darah ketika menggantikan porsi karbohidrat dalam makanan.

6. Beralih ke gandum

Dalam Journal of Family Practice diketahui makanan yang berasal dari gandum bisa mengurangi tekanan darah dan membuat pasien tidak perlu konsumsi obat. Untuk itu cobalah beralih ke roti, bubur, sereal dan pasta gandum serta beras merah.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel