Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Protein Hewani Tidak Hanya Ada Dalam Daging

Mengabaikan nutrisi anak bisa menyebabkan tumbuh kembangnya tidak optimal. Salah satu contoh nyata adalah banyaknya prevalensi anak-anak pendek di Indonesia yang antara lain disebabkan karena kurangnya asupan makanan yang mengandung protein hewani.

Daging sapi memang sumber protein hewani yang lengkap. Selain kaya akan zat besi, daging juga mengandung asam amino esensial, serta berbagai vitamin. Sayangnya harga daging relatif mahal sehingga banyak orangtua yang menyajikannya pada saat-saat istimewa saja.

Padahal, kebutuhan nutrisi yang lengkap dan seimbang seharusnya menjadi bagian dari menu sehari-hari.

Ahli Gizi dariĀ  Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta II, Ayu Anggraeni Dyah Purbasari saat ditemui di Jakarta, pekan lalu mengatakan selain daging, protein hewani bisa didapatkan dari telur dan ikan. Bila keduanya sulit didapatkan, masyarakat bisa memanfaatkan protein lokal yang ada di daerahnya.

“Di beberapa daerah, protein hewani dikembangkan dari potensi lokal. Misalnya masyarakat di Sulawesi Selatan mengembangkan Ulat Sutera, masyarakat Papua memanfaatkan ulat sagu, di Jawa Tengah dikembangkan laron dan Keong Mas,” katanya.

Anggraeni menyarankan, pemberian protein hewani harus diolah dari rumah tangga. Dengan alasan praktis, masyarakat cenderung memilih makanan kimiawi. Meski mudah, makanan kimiawi buruk bagi perkembangan anak dan asupan gizi seimbang.

“Kalau mau mudah, ibu bisa memberikan ceker ayam yang telah direbus sampai airnya mengental. Setelah disaring, kuah kental tanpa gula dan garam ini baik untuk anak mulai usia 6 bulan sampai kapanpun,” jelasnya.

Terkait tinggi badan anak, Dokter spesialis gizi klinik, Sri Durjati Boedihardjo menambahkan, tinggi anak tidak hanya dipengaruhi asupan pangan saja. Kondisi genetika, penyerapan usus, aktivitas fisik, metabolisme tubuh, penyakit kronik, serta kadar air dan lemak dalam tubuh juga turut menentukan.

 

 

Sumber : kompashealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel