Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

” INTOLERANSI LAKTOSA “

Deskripsi

Intoleransi laktosa atau biasa disebut juga dengan defisiensi laktase berarti Anda tak mampu mencerna gula susu (laktosa) yang terdapat pada produk susu atau berbahan susu dengan baik. Meskipun kondisi ini tak berbahaya, namun gejala-gejalanya seringkali membuat penderita merasa tak nyaman.

Ada 3 jenis intoleransi laktosa, yaitu:
1. Intoleransi laktosa normal akibat penuaan (intoleransi laktosa primer). Kondisi ini terjadi ketika produksi enzim laktase menurun akibat pola makan yang bervariasi namun kurang asupan susu selama bertahun-tahun.

2. Intoleransi laktosa akibat penyakit atau cedera tertentu (intoleransi laktosa sekunder). Kondisi ini terjadi ketika usus halus menurunkan produksi enzim laktase pasca terserang penyakit, dioperasi atau mengalami cedera. Penyakit yang bisa mempengaruhi produksi enzim laktase oleh usus halus diantaranya penyakit celiac, gastroenteritis dan radang usus seperti penyakit Crohn,

3. Intoleransi laktosa bawaan sejak lahir (intoleransi laktosa kongenital). Kondisi ini terjadi ketika kedua orangtua sama-sama mengalami cacat gen sehingga anaknya ikut terpengaruh.

Penyebab
Intoleransi laktosa biasanya disebabkan oleh rendahnya kadar enzim laktase di dalam usus halus. Enzim ini bertugas memecah produk susu yang dikonsumsi menjadi dua jenis gula sederhana, glukosa dan galaktosa yang akan diserap oleh darah dan disebarkan ke seluruh tubuh.
Gejala

1. Diare
2. Mual dan terkadang muntah-muntah
3. Kram perut
4. Kembung
5. Sering buang angin

Gejalanya muncul 30 menit hingga 2 jam setelah mengonsumsi bahan makanan atau minuman yang mengandung laktosa.

Pengobatan

Tak ada pengobatan khusus yang bisa menyembuhkan intoleransi laktosa. Biasanya, untuk meredakannya, penderita mengurangi jumlah asupan produk susunya dan mengonsumsi produk yang dibuat khusus untuk orang-orang yang mengalami kondisi semacam ini.

 

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel