Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Cara Mudah Cegah OSTEOPOROSIS

Silent disease. Julukan itu patut dilekatkan pada osteoporosis alias penyakit kerapuhan tulang. Sebab, kehadirannya kerap tak disadari si empunya tulang. Tahu-tahu, tulangnya gampang patah karena keropos.
Cara Mudah Cegah OSTEOPOROSIS
“Tidak ada rasanya. Kalau sudah terjadi patah tulang yang sifatnya mikro, tulang jadi kolaps dan lama-lama empuk,” ujar Siti Anisa Nuhonni, Wakil Ketua Perhimpunan Osteoporosis Indonesia (PEROSI), di Hotel Sultan, Jakarta, Selasa dua pekan lalu. Dia berbicara dalam seminar bertajuk “Pentingnya Menjaga Kesehatan Tulang”.

Menurut Siti, osteoporosis dapat dideteksi dengan mengukur kepadatan tulang. Seseorang dapat dikatakan menderita osteoporosis bila bone mass density (BMD) atau satuan massa kepadatan tulangnya kurang dari 2,5 BMD. “Kalau masih minus dua, belum osteoporosis, tapi kepadatannya sudah berkurang. Kondisi ini sudah harus diwaspadai,” ujar Siti.

Untuk mencegah kehadiran osteoporosis, penting bagi seseorang untuk mengkonsumsi nutrisi yang berguna bagi kesehatan dan perkembangan tulang. Siti menuturkan nutrisi merupakan bentuk manifestasi kesehatan tulang. Sebab, efektivitas nutrisi pembentuk tulang tidak dapat dirasakan langsung. “Itu pula yang menjadi dasar bahwa menjaga kesehatan tulang harus dilakukan sejak muda,” ujarnya.

Lalu, nutrisi seperti apa yang bagus untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis? Menurut dokter spesialis gizi, Fiastuti Witjaksono, makanan yang banyak mengandung kalsium merupakan makanan yang sangat dibutuhkan guna menjaga kepadatan tulang. Kalsium banyak terkandung di dalam makanan, seperti susu dan sayuran hijau.

“Kalsium yang dibutuhkan tulang harus dalam bentuk makanan yang mudah diserap tubuh,” kata Fiastuti dalam seminar yang sama. Jika tidak berbentuk makanan yang mudah diserap tubuh, dia mengatakan, “Kalsium akan mudah terbuang melalui air seni, sehingga otomatis jumlah yang dibutuhkan tulang berkurang.”

Salah satu bentuk konsumsi kalsium yang dianjurkan Fiastuti adalah susu. Alasannya, susu sangat mudah diserap oleh pencernaan, tapi tak mudah terbuang melalui air seni. Selain susu, makanan lain yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang adalah sayur-sayuran hijau seperti brokoli, kubis, kacang hijau, dan asparagus.

“Sayur-sayuran hijau banyak mengandung vitamin K, folat, dan B6 yang sangat penting bagi kesehatan tulang,” ujar Fiastuti. Buah-buahan seperti lemon dan jeruk nipis juga berguna bagi kesehatan tulang karena banyak mengandung vitamin C. “Bukan vitamin C-nya yang memperkuat tulang, tapi vitamin ini mempermudah penyerapan kalsium dalam tubuh,” ujarnya lagi.

Dalam berbagai kesempatan, Ketua Persatuan Osteoporosis Indonesia, Profesor Ketut Siki Kawirya, mengatakan tempe sebagai makanan asli Indonesia adalah makanan yang dapat mencegah dan menunda proses pengeroposan tulang. Menurut dia, mengkonsumsi tempe merupakan cara alami untuk menunda osteoporosis pada kaum laki atau perempuan. Sebab, tempe mengandung zat isoflavon yang tinggi.

Isoflavon adalah antioksidan alami yang berguna melindungi sel membran dari kerusakan serta mengikat asam amino dan beberapa zat berguna lainnya bagi tubuh, seperti vitamin. Isoflavon juga mencegah proses penuaan dini, terutama pada perempuan. Zat ini banyak terdapat pada makanan biji-bijian, terutama kedelai.

Selain mengkonsumsi makanan yang berguna bagi kesehatan tulang, berolahraga juga dipercaya dapat mencegah osteoporosis. Menurut Fiastuti, berjalan kaki 10 ribu langkah–setara dengan 2-3 kilometer–sebanyak 5-6 kali per minggu terbukti dapat meningkatkan kesehatan tulang. ”Juga dapat meningkatkan aliran darah ke seluruh tubuh,” katanya.

 

 

 

Sumber : tempo.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel