Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

TRICHINOSIS ( Infeksi Cacing Gelang )

Deskripsi

Trichinosis terkadang disebut dengan trichinellosis yang merupakan jenis infeksi cacing gelang. Cacing gelang adalah parasit yang menggunakan tubuh inang untuk tetap hidup dan bereproduksi. Cacing penyebab trichinosis terdapat pada daging mentah atau setengah matang. Ketika manusia makan daging kurang matang yang mengandung larva trichinella, larva tersebut akan menetap di usus dan menjadi cacing dewasa selama beberapa minggu. Cacing-cacing dewasa kemudian menghasilkan larva yang bermigrasi melalui berbagai jaringan, termasuk otot.

Penyebab

Penyebab trichinosis adalah makan daging yang kurang matang, seperti daging babi atau kuda yang terinfeksi larva cacing gelang trichinella.

Gejala

Gejala sakit pada perut dapat terjadi dalam waktu 2-7 hari infeksi. Gejala-gejala lain biasanya mulai 1-8 minggu kemudian. Keparahan gejala biasanya tergantung pada jumlah larva pada daging yang terinfeksi. Pada tahap awal, Anda mungkin akan mengalami gejala kram perut dan diare. Sekitar seminggu setelah infeksi, cacing betina dewasa menghasilkan larva yang mampu menembus dinding usus, masuk ke aliran darah Anda, otot atau jaringan lain. Invasi tersebut dapat menyebabkan: 1. Demam tinggi 2. Nyeri otot 3. Pembengkakan pada kelopak mata atau wajah 4. Kelemahan 5. Sakit kepala 6. Kepekaan terhadap cahaya

Pengobatan

Jika Anda memiliki kasus ringan trichinosis tanpa gejala, Anda mungkin tidak perlu mendapatkan perhatian medis. Tapi jika Anda mengalami masalah pencernaan atau nyeri otot dan pembengkakan sekitar seminggu setelah makan daging babi atau hewan liar, konsultasikan kondisi Anda ke dokter. Tidak ada pengobatan yang efektif untuk menghilangkan trichinosis ketika larva telah menyerang jaringan. Pada saat itu, pengobatan untuk gejala hanya sampai pada parasit yang mati sendiri. Trichinosis biasanya tidak serius dan sering membaik dengan sendirinya, biasanya dalam waktu beberapa bulan. Namun, kelelahan, nyeri ringan, kelemahan dan diare mungkin akan Anda rasakan hingga berbulan-bulan bahkan tahun. Dokter biasanya meresepkan obat anti parasit, obat pereda nyeri, dan kortikosteroid untuk mengatasi gejala trichinosis.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel