Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Suhu Dingin Mengaktifkan Lemak Baik

Jakarta, Ada cara baru untuk menurunkan berat badan yang lebih aman dari penggunaan obat-obatan diet, yaitu dengan mengaktifkan lemak ‘baik’ dalam tubuh. Lemak baik ini dapat bekerja secara optimal pada suhu yang dingin.

Menurut studi baru yang diterbitkan di jurnal PNAS USA, suhu udara yang dingin dapat mengaktifkan lemak baik dalam tubuh yang membakar kalori dan akhirnya menurunkan berat badan Anda.

Lemak baik adalah jaringan adiposa coklat, atau dikenal juga dengan nama lemak coklat yang ditemukan secara alami pada manusia. Percobaan sebelumnya telah menunjukkan bahwa lemak coklat dapat dirangsang pada tikus, yang menjanjikan sebagai terapi penurunan berat badan di masa depan, tetapi para ilmuwan belum menunjukkan keberhasilan untuk merangsang lemak coklat pada manusia.

Para peneliti dari Joslin Diabetes Center di Boston ingin membandingkan efek dari efedrin, stimulan dalam obat-obatan yang digunakan dalam penurunan berat badan, dengan suhu dingin. Ilmuwan telah memprediksi sebelumnya bahwa suhu dingin dapat mengaktifkan lemak coklat.

Tim peneliti melakukan pengujian terhadap 10 orang peserta studi dengan tiga cara yang berbeda. Peserta ada yang diberi suntikan efedrin dan ada yang memakai rompi pendingin. Kemudian setelah dua jam, peneliti mengukur aktivitas lemak coklat dengan menggunakan PET atau CT scan.

Para peneliti menemukan bahwa efedrin tidak merangsang aktivitas lemak coklat. Peserta yang mengenakan rompi pendingin selama dua jam menunjukkan aktifitas lemak coklat yang signifikan pada hasil uji scan.

“Kami telah menemukan cara untuk merangsang lemak coklat dengan cara yang efektif dan tampaknya aman dengan menggunakan aktivasi sensasi dingin yang ringan. Kami juga membandingkannya dengan obat penurun berat badan yang tidak memiliki efek yang sama terhadadap aktivitas lemak coklat, “kata Dr Harun Cypess, penulis utama penelitian dan dokter di Joslin Diabetes Center seperti dilansir dari abcnews, Selasa (5/6/2012).

Tetapi, efedrin dapat meningkatkan aktivitas sistem saraf simpatik tubuh. Aktivitas tersebut mencakup peningkatan tekanan darah dan denyut jantung dan memperlambat pencernaan.

Ketidakmampuan efedrin untuk memicu aktivitas lemak coklat dapat menjadi alasan mengapa begitu banyak obat diet tidak menunjukkan hasil jangka panjang yang menguntungkan.

“Masalah yang timbul dengan pemakaian efedrin adalah apakah penggunaan obat ini akan terus-menerus mengaktifkan saraf simpatik seseorang. Akan lebih aman jika penurunan berat badan dilakukan hanya dengan mengaktifkan lemak coklat saja tanpa harus mengaktifkan saraf simpatik” kata Cypess.

Masih banyak penelitian lebih lanjut yang perlu dilakukan untuk mencari tahu apa cara terbaik untuk merangsang lemak coklat melalui suhu pendinginan. Karena mungkin seseorang akan merasa tidak nyaman jika harus mengenakan rompi pendingin jika ingin menurunkan berat badannya.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel