Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Jenis Makanan yang Dapat Menangkal Polusi

Jakarta, Ada banyak bahan kimia dalam lingkungan dan produk sehari-hari. Dari pestisida beracun dalam makanan hingga asap kendaraan bermotor. Pada dasarnya, hampir tidak mungkin kita bisa terhindar dari paparan polutan berbahaya.

Beberapa senyawa beracun yang sudah terlepas ke lingkungan juga sulit terurai langsung. Misalnya, senyawa polychlorinated biphenyl atau PCB yang dilarang digunakan sampai sekarang masih bertahan di lingkungan. PCB berbahaya apabila masuk ke dalam tubuh sebab dapat memicu pembentukan radikal bebas dan peradangan.

Kabar baiknya, beberapa makanan tertentu dapat melindungi tubuh dari bahaya paparan bahan kimia sehari-hari. Untuk membantu mengurangi efek buruk bahan kimia dalam tubuh, sebaiknya kurangi makan makanan olahan dan perbanyak makanan yang mengandung omega-3.

Seperti dilansir Rodale.com, Senin (11/6/2012), makanan-makanan berikut dapat menangkal efek buruk polutan dari lingkungan:

Telur
Telur kaya akan protein dan omega-3. Telur ayam yang diternakkan secara alami 2 kali lebih banyak mengandung omega-3 dibandingkan telur yang dijual di toko. Apalagi peternakan lokal memberikan pakan organik sehingga risiko terpapar pestisida atau bahan rekayasa genetik lebih kecil.

Kenari
Seperempat cangkir kenari mengandung 160 kalori yang cukup menyediakan kebutuhan asam lemak omega-3 selama sehari. Kenari mengandung ALA, pelopor omega-3 di dalam tubuh yang kemudian diubah menjadi asam lemak. Selain kenari, biji rami juga mengandung nutrisi yang serupa.

Salmon
Banyak ikan yang kaya akan kandungan omega-3, tapi banyak juga juga terkontaminasi dengan merkuri dan PCB. Salmon liar di perairan dingin merupakan ikan yang paling banyak mengandung omega-3.

Lemak dan minyak nabati
Berbeda dengan lemak jenuh yang buruk untuk tubuh, lemak tak jenuh tunggal yang banyak terkandung dalam minyak nabati adalah lemak yang baik dan penting untuk tubuh. Minyak zaitun dan minyak lobak mengandung banyak lemak tak jenuh tunggal.

Kedelai dan kacang-kacangan
Satu cangkir kacang kedelai atau kacang merah mengandung 200 – 1.000 miligram omega-3. Empat ons tahu mengandung sekitar 0,4 gram omega-3. Tempe dan susu kedelai juga banyak mengandung omega-3.

Sarden
Ikan sarden kaya akan DHA dan EPA meskipun kandungannya tak sebanyak salmon. Karena sarden juga banyak mengandung sodium, seimbangkan makanan dengan buah-buahan dan sayuran rendah sodium.

Minyak canola
Minyak canola mengandung 1.300 mg omega-3 per sendok makan dan lebih banyak dari minyak zaitun. Sayangnya minyak ini lebih jarang ditemui di Indonesia.

 

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel