Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

KOLITIS ISKEMIK

Deskripsi

Kolitis iskemik adalah gangguan yang berkurangnya aliran darah ke usus besar (kolon). Hal ini dapat menyebabkan peradangan usus besar dan kerusakan usus besar permanen.

Kolitis iskemik dapat mempengaruhi setiap bagian dari usus besar Anda, tapi kebanyakan orang yang menderita penyakit ini mengembangkan rasa sakit di sisi kiri perut. Sebagian besar kasus kolitis iskemik ringan akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, ketika kondisinya semakin parah, Anda perlu mendapatkan perawatan medis.

Penyebab

Kolitis iskemik disebabkan karena suplai darah ke usus besar jumlahnya tidak memadai. Pada kasus akut, penyebabnya paling sering adalah pembekuan darah di arteri yang mensuplai darah ke usus besar. Kasus kronis biasanya berhubungan dengan penumpukan simpanan lemak (aterosklerosis) dalam pembuluh darah yang menuju ke usus besar.

Pada beberapa orang, kolitis iskemik dapat disebabkan oleh atau berhubungan dengan kondisi medis lainnya, termasuk:

1. Peradangan pembuluh darah (vaskulitis)
2. Penonjolan suatu organ atau jaringan ke jaringan sekitarnya (hernia)
3. Peningkatan gula darah (diabetes)
4. Darah mudah beku
5. Kanker usus besar
6. Dehidrasi

Gejala

Tanda-tanda umum dan gejala kolitis iskemik meliputi:
1. Nyeri perut, nyeri atau kram, biasanya terlokalisasi di sisi kiri bawah perut
2. Tinja berwarna merah terang atau merah marun
3. Rasa ingin buang air besar yang begitu mendesak
4. Diare
5. Mual
6. Muntah

Pengobatan

Pilihan pengobatan untuk kolitis iskemik tergantung pada seberapa parah kondisi Anda. Bila kolitis iskemik ringan, dokter akan meresepkan obat untuk menjaga tekanan darah pada tingkat normal, yang akan membantu memperlancar aliran darah ke usus besar Anda.

Anda mungkin juga perlu minum antibiotik untuk mencegah berkembangnya infeksi. Dengan tindakan konservatif seperti itu, gejala kolitis iskemik sering berkurang dalam waktu 24 sampai 48 jam tanpa perlu rawat inap. Namun, jika Anda dehidrasi, Anda mungkin perlu rawat inap untuk memberikan cairan dan nutrisi melalui pembuluh darah Anda (intravena).

Beberapa orang dengan kolitis iskemik parah atau berkepanjangan memerlukan pengobatan bedah untuk menghapus (direseksi) bagian yang terkena usus besar.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel