Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

BURSITIS

Deskripsi

Bursitis adalah kondisi bantal diantara tulang dan tendon dan otot dekat sendi Anda yang disebut bursae terisi oleh cairan. Bursitis terjadi ketika bursae meradang dan akan terasa begitu menyakitkan.
Bursitis
Penyakit ini juga dikenal dengan radang kandung lendir dan paling umum terjadi di siku, bahu dan pinggul. Tapi Anda juga dapat menderita bursitis pada tumit, lutut dan pangkal jempol kaki Anda. Bursitis sering terjadi di dekat sendi yang sering melakukan gerakan berulang.

Penyebab

Penyebab paling umum dari bursitis adalah gerakan berulang atau posisi yang mengiritasi bursae di sekitar sendi. Contohnya termasuk kegiatan:

1. Melempar bola atau mengangkat sesuatu di atas kepala berulang kali
2. Bersandar pada siku untuk jangka waktu yang lama
3. Posisi yang memberikan tekanan pada lutut, seperti menyikat lantai
4. Duduk teralalu lama, terutama pada permukaan keras

Beberapa bursae di lutut dan siku terletak tepat di bawah kulit, sehingga akan lebih berisiko terhadap luka tusukan yang dapat menyebabkan infeksi pada bursae (bursitis septik).

Gejala

Gejala yang timbul jika Anda menderita bursitis, antara lain:

1. Merasa pegal atau kaku
2. Sakit bila ditekan
3. Bengkak dan merah

Segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter setelah muncul gejala sbagai berikut:

1. Nyeri sendi yang tidak tertahankan
3. Sakit selama lebih dari satu sampai dua minggu
3. Pembengkakan, kemerahan, memar atau ruam yang berlebihan
4. Linu ketika Anda memaksakan diri untuk berolahraga
5. Demam

Pengobatan

Pengobatan bursitis biasanya melibatkan tindakan konservatif seperti istirahat, pemberian es dan mengambil obat pereda nyeri, sebagai langkah pertama. Jika tindakan konservatif tidak berhasil, pengobatan dapat mencakup:

1. Obat
Jika peradangan pada bursae disebabkan oleh infeksi, dokter akan meresepkan obat antibiotik.

2. Terapi
Dokter mungkin menyarankan terapi fisik atau latihan untuk memperkuat otot-otot di daerah yang menderita bursitis untuk meringankan rasa sakit dan mencegah kekambuhan.

3. Suntikan
Dokter mungkin akan meberikan suntikan obat kortikosteroid ke dalam bursae untuk meredakan peradangan. Perawatan ini umumnya menghilangkan rasa nyeri dengan cepat.

4. Bedah
Kadang-kadang bursae yang telah meradang harus dikeringkan melalui pembedahan, tetapi operasi jarang sekali dilakukan.

Pengobatan biasanya dilakukan dengan mengistirahatkan sendi yang menderita bursitis dan melindunginya dari trauma lebih lanjut. Dalam kebanyakan kasus, nyeri bursitis dapat sembuh dalam beberapa minggu dengan perawatan yang tepat.

 

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel