Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Tips Atasi Nyeri dengan MAKANAN

Jakarta, Orang kadang merasakan nyeri pada tubuhnya yang dapat mengganggu aktivitas sehari-harinya. Anda dapat mengatasi beberapa rasa nyeri dengan mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu yang dapat mengurangi rasa sakit.

Berikut 11 jenis kondisi tubuh yang dapat diatasi dengan makanan seperti dikutip dari ivillage, Senin (9/4/2012) antara lain:

1. Sesak nafas, makanlah cabai
Sesak nafas yang dipicu oleh udara dingin, infeksi sinus, alergi atau parfum rekan kerja Anda yang terlalu menyengat dapat diatasi dengan mengonsumsi cabai.

“Cabai mengandung capsaicin, yaitu senyawa tanaman yang dapat melebarkan pembuluh darah di hidung, membantu meringankan peradangan dan infeksi sinus bahkan cara kerjanya lebih cepat dari semprotan hidung dekongestan,” kata Teresa Graedon, Ph.D., salah satu penulis buku The People’s Pharmacy Quick and Handy Home Remedies.

Penelitian membuktikan bahwa dua sendok teh cabai sehari dapat mengurangi nyeri karena sesak nafas. Anda dapat menambahkan cabai ke dalam makanan, jika Anda kesulitan untuk menelan langsung.

2. Sakit gigi, kunyahlah cengkeh
“Jika Anda menderita nyeri karena sakit gigi yang sifatnya sementara dan tidak perlu mendapatkan penanganan dokter, Anda dapat mengunyah satu atau dua siung cengkeh dengan lembut untuk meringankan sakit gigi dan radang gusi selama dua jam,” kata peneliti UCLA.

Minyak cengkeh mengandung senyawa kimia yang disebut eugenol yang mampu meredam nyeri. Kandungan eugenol dalam cengkeh hampir lima kali lebih banyak daripada tanaman lain,” kata peneliti di University of Georgia di Athena.

3. Nyeri perut karena lapar, makanlah apel
“Lima gram serat dalam apel dapat mengurangi rasa lapar dan membantu Anda makan dengan porsi lebih sedikit dari biasanya,” kata para peneliti dari Pennsylvania State University.

Untuk mendapatkan sensasi kenyang karena serat apel, Anda harus makan apel yang utuh, bukan menggantinya dengan saus apel atau minum jus apel karena asupan serat yang dimiliki tidak sebanyak apel utuh.

4. Nyeri perut karena PMS, makanlah semangkuk sayur buncis, sepotong roti gandum dan segelas susu rendah lemak

“Seminggu sebelum menstruasi, Anda harus makan makanan yang berserat tinggi dan kaya protein yang akan membantu menstabilkan gula darah Anda. Itu penting karena gula darah berpengaruh terhadap PMS,” kata Diana Taylor, RN, Ph.D., dan penulis buku Taking Back the Month.

Dalam penelitian terbaru, wanita yang mengonsumsi susu rendah lemak memiliki risiko lebih rendah menderita PMS, mungkin karena PMS dipicu oleh tingkat darah yang rendah kalsium dan vitamin D.

5. Migrain, makanlah semangkuk oatmeal dengan almond dan minum secangkir teh hijau

Oatmeal dan almond keduanya kaya akan magnesium. Orang yang menderita migrain dan tegang di kepala memiliki tingkat mineral yang rendah dan memerlukan magnesium,” kata Dave Grotto, seorang ahli gizi.

Teh hijau kaya akan antioksidan yang memiliki efek anti-inflamasi yang dapat meredam rasa nyeri di kepala karena migrain. Anda juga dapat meneguk secangkir teh hijau di tengah migrain, karena kafein bertindak sebagai obat migrain yang alami.

6. Perut kembung, makanlah jahe
“Jahe adalah salah satu penguat pencernaan yang paling efektif,” kata peneliti di India’s Central Food Technological Research Institute. Dua potong manisan jahe atau secangkir teh herbal dapat meredakan perut kembung dan gangguan usus.

Jahe diperkaya dengan gingerol dan kurkumin yang dapat memecah protein dan lemak dengan cepat sehingga dapat membantu melarutkan gelembung gas, mencegah kejang otot yang menyakitkan di dinding usus.

7. Sakit tenggorokan, makanlah madu
Penelitian di Univercity of Amsterdam menunjukkan bahwa, satu sendok makan dua kali sehari dapat membasmi kuman yang menyebabkan sakit tenggorokan dalam waktu 48 jam.

Campurlah madu alami ke dalam teh, kopi dan minuman lainnya atau Anda juga dapat menikmatinya langsung dari sendok. Madu alami juga kaya akan enzim tanaman, yang mengurangi peradangan jaringan dan mempercepat penyembuhan.

8. Perut mulas, makanlah pisang
“Makan pisang ketika perut mulas dapat menenangkan rasa sakit dalam waktu 30 menit. Pisang dapat mencegah kelebihan produksi asam dan mengurangi jumlah asam lambung yang mengotori kerongkongan,” kata Teresa Graedon, Ph.D., penulis buku The People’s Pharmacy Quick and Handy Home Remedies.

9. Sembelit, makanlah roti gandum
“Makan roti gandum dapat mengurangi sembelit lebih efektif daripada obat pencahar. Gandum mengandung arabinoxylan, sebuah polisakarida yang meningkatkan kemampuan perut untuk memperlancar pencernaan,” kata para peneliti di Finland’s University of Helsinki.

10. Diare, makanlah yoghurt
Studi di Finland’s University of Tampere menunjukkan bahwa hingga 75 persen dari penderita disebabkan karena tidak memiliki cukup bakteri probiotik yang hidup di usus.

“Anda perlu bakteri baik tersebut untuk membantu mencerna makanan dan menyerap cairan dengan baik,” jelas Jeanne Drisko, MD, seorang profesor kedokteran University of Kansas Medical Center.

“Dosis tinggi dari gula yang ditemukan dalam yoghurt yang dijual di pasaran dapat memperburuk masalah usus dengan memicu pertumbuhan jamur usus. Pilihlah yoghurt yang murni dan tambahkan buah untuk memeperkaya rasa,” kata peneliti di California’s Stanford University.

11. Pusing, makanlah telur
“Telur yang dikemas dengan N-asetil-sistein (NAC), sejenis asam amino dapat membantu meringankan sakit kepala, mual dan kelelahan,” kata para peneliti di Chicago Northwestern University.

Penelitian mereka menunjukkan bahwa NAC memperlambat penyerapan alkohol melalui selaput lambung dan usus kecil, ditambah lagi membantu mempercepat pemecahan alkohol dalam hati.

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel