Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

” Osgood Schlatter Disease ”

Deskripsi

Osgood schlatter disease dapat menyebabkan benjolan yang menyakitkan di bawah tempurung lutut pada anak dan remaja yang mengalami ledakan pertumbuhan selama masa pubertas. Osgood schlatter terjadi paling sering pada anak yang sering olahraga yang melibatkan berlari, melompat, sepak bola, basket, skating dan balet. Osgood schlatter lebih sering terjadi pada anak laki-laki. Osgood schlatter mempengaruhi sebanyak 1 dari 5 atlet remaja. Rentang usia berbeda berdasarkan jenis kelamin karena anak perempuan mengalami pubertas lebih awal daripada anak laki-laki. Osgood schlatter biasanya terjadi pada anak usia 13-14 tahun dan anak perempuan berusia 11-12. Kondisi ini biasanya sembuh sendiri, setelah tulang anak berhenti tumbuh.

Penyebab

Masing-masing dari tulang panjang pada lengan dan kaki memiliki pelat pertumbuhan, terbuat dari tulang rawan, yang terletak di setiap ujung tulang. Tulang rawan tidak sekuat tulang, dan tekanan pada pelat pertumbuhan dapat menyebabkan bengkak dan sakit. Selama kegiatan yang melibatkan banyak berlari, melompat dan membungkuk, seperti sepak bola, bola basket, bola voli dan balet, otot paha anak (paha depan) tertarik pada tendon yang menghubungkan tempurung lutut ke tulang kering. Stres atau tekanan berulang dapat menyebabkan tendon sedikit menarik diri dari tulang kering, yang mengakibatkan rasa sakit dan pembengkakan yang berhubungan dengan osgood schlatter. Dalam beberapa kasus, tubuh anak mungkin mencoba untuk menutup kesenjangan tersebut dengan pertumbuhan tulang baru, yang dapat menyebabkan benjolan tulang di tempat tersebut.

Gejala

Tanda dan gejala osgood schlatter disease dapat meliputi: 1. Nyeri, pembengkakan dan nyeri tekan pada tonjolan tulang pada tulang kering bagian atas, tepat di bawah tempurung lutut. 2. Nyeri lutut yang memburuk dengan aktivitas, terutama berlari, melompat dan memanjat tangga, dan dapat disembuhkan dengan istirahat. 3. Tegang pada otot-otot disekitarnya, terutama otot paha (paha depan). Rasa sakit bervariasi dari orang ke orang. Beberapa hanya sakit ringan dan masih dapat melakukan kegiatan tertentu, terutama berlari dan melompat. Bagi orang lain, rasa sakit hampir konstan dan melemahkan. Osgood schlatter biasanya terjadi hanya dalam satu lutut, tapi kadang-kadang berkembang pada kedua lutut. Ketidaknyamanan dapat berlangsung dari hitungan minggu ke bulan dan dapat kambuh sampai anak telah berhenti tumbuh.

Pengobatan

Osgood schlatter biasanya membaik tanpa pengobatan formal. Gejala biasanya menghilang setelah tulang anak berhenti tumbuh. Hingga hal tersebut terjadi, dokter dapat merekomendasikan penghilang rasa sakit ringan dan terapi fisik. 1. Obat Penghilang rasa sakit yang dijual bebas, seperti acetaminophen atau ibuprofen dapat membantu meredakan rasa sakit. 2. Terapi Seorang ahli terapi fisik dapat mengajarkan anak latihan untuk meregangkan paha depan dan paha belakang, yang dapat membantu mengurangi ketegangan di tendon tempurung lutut yang menempel pada tulang kering. Latihan penguatan untuk paha depan dapat membantu menstabilkan sendi lutut.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel