Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

” Molluscum Contagiosum ”

Deskripsi

Molluscum contagiosum adalah infeksi virus yang relatif umum pada kulit yang paling sering mempengaruhi anak-anak. Infeksi tersebut menghasilkan benjolan (papula) yang tidak menimbulkan nyeri dan biasanya hilang dalam waktu 1 tahun tanpa pengobatan. Jika papula tergores atau terluka, infeksi dapat menyebar ke kulit di sekitarnya. Meskipun sering terjadi pada anak, molluscum contagiosum juga dapat mempengaruhi orang dewasa. Pada orang dewasa, molluscum contagiosum melibatkan alat kelamin dan dianggap penyakit menular seksual (PMS). Gangguan ini dapat juga dilihat pada orang dewasa dengan sistem kekebalan tubuh yang berubah. Molluscum contagiosum menyebar melalui langsung dari orang-ke orang dan melalui kontak dengan benda yang terkontaminasi. Karena menyebar dengan mudah, dokter sering merekomendasikan perawatan medis, khususnya untuk orang dewasa.

Penyebab

Molluscum contagiosum hasil dari infeksi oleh virus molluscum contagiosum, yaitu anggota dari keluarga poxvirus. Virus ini menyebar dengan mudah melalui: 1. Langsung dari kulit ke kulit 2. Kontak dengan benda yang terkontaminasi, seperti mainan, pegangan pintu dan gagang keran 3. Kontak seksual dengan pasangan yang terinfeksi Menggaruk atau menggosok dapat menyebabkan papula menyebarkan virus ke kulit di dekatnya.

Gejala

Molluscum contagiosum merupkan benjolan (papula) berbentuk bulat pada kulit. Papula, dapat mempunyai ciri khas, seperti: 1. Kecil, biasanya dengan diameter sekitar 2-5 mm 2. Khas memiliki lekukan kecil atau titik di atas 3. Dapat menjadi merah dan meradang 4. Dapat dengan mudah dihilangkan dengan menggaruk atau menggosok, yang dapat menyebarkan virus ke kulit disekitarnya Pada anak-anak, papula biasanya muncul pada wajah, leher, ketiak, tangan dan lengan. Pada orang dewasa, molluscum contagiosum dapat menjadi penyakit menular seksual (PMS) dan biasanya terlihat pada alat kelamin, perut bagian bawah, paha atas bagian dalam dan pantat. Gangguan tersebut tidak menyebabkan penyakit serius dan tidak berhubungan dengan kutil kelamin, yang disebabkan oleh human papillomavirus (HPV). Namun, orang dewasa dengan molluscum contagiosum pada kelamin harus diskrining untuk PMS lainnya.

Pengobatan

Untuk orang dengan sistem kekebalan tubuh yang normal, molluscum contagiosum sembuh tanpa pengobatan dalam waktu 6-12 bulan, meskipun kadang-kadang dapat dalam waktu bertahun-tahun. Perlu waktu lebih lama untuk sembuh pada kondisi anak dengan sistem kekebalan tubuh tidak normal. Karena molluscum contagiosum menyebar dengan mudah, dokter sering merekomendasikan perawatan medis, khususnya untuk orang dewasa. Pengobatan untuk molluscum contagiosum dapat mencakup pengangkatan atau penghilangan papula dengan prosedur, antara lain: 1. Scraping (kuret) 2. Pembekuan (cryotherapy) 3. Terapi laser Sumber: MayoClinic

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel