Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Apakah INFLUENZA ?

Influenza adalah salah satu penyakit paling umum yang sangat menular yang menyebabkan rasa sakit pada otot dan sendi, sakit kepala dan demam antara 38 – 40 derajat. Virus influenza menyebar melalui udara dari kontak antar manusia. Penyakit ini ditularkan melalui cairan (droplet) dari hidung atau mulut dan melalui tangan yang terkontaminasi virus. Anda dapat menularkan virus flu ke orang lain bahkan sebelum Anda mendapatkan gejalanya. Anda masih dapat menularkan infeksi sampai beberapa hari setelah demam menghilang.

Penyakit ini dapat berkembang menjadi epidemi yang menyebar dari kota ke kota dan dari negara ke negara. Sebuah wilayah dapat dilanda epidemi flu selama 4-6 minggu sebelum mereda.

Jenis virus influenza

Ada tiga tipe virus influenza: A, B dan C. Virus influenza A dan B menyebabkan epidemi musiman. Virus influenza tipe C tidak menyebabkan epidemi dan memberikan gejala yang lebih ringan.

Virus influenza A dibagi menjadi beberapa subtipe berdasarkan dua protein pada permukaan virus: hemaglutinin (H) dan neuraminidase (N). Ada 16 subtipe hemaglutinin dan 9 subtipe neuraminidase yang berbeda. Setiap subtipe virus influenza A dapat dipecah lagi menjadi strain yang berbeda. Subtipe virus influenza A yang ditemukan pada manusia adalah H1N1, H3N2 dan H5N1 dengan aneka strain yang berbeda. Virus influenza B tidak dibagi menjadi subtipe tetapi juga memiliki beberapa strain yang berbeda.

Anda tidak mendapatkan influenza dari strain yang sama dua kali karena 2-4 minggu setelah terkena penyakit, Anda mengembangkan antibodi terhadapnya. Namun, virus flu terus berkembang menjadi strain-strain baru. Strain ini terjadi melalui mutasi virus dari binatang yang bercampur dengan virus flu dari manusia. Dalam kasus tersebut tidak ada kekebalan (resistensi) kita terhadap virus flu baru, sehingga epidemi besar dapat terjadi.  Sejak akhir 1990-an, misalnya, muncul sebuah strain baru dari influenza A (flu burung, H5N1) yang menyebabkan epidemi besar pada ayam dan bebek, terutama di Cina, Thailand, Vietnam dan Indonesia, yang menginfeksi sejumlah kecil manusia dan beberapa di antaranya meninggal dunia. Virus flu ini telah menyebar melalui burung migran ke ayam dan itik di beberapa negara lain, termasuk Eropa dan Afrika.

Apakah tanda-tanda flu?

  • sakit kepala
  • demam sekitar 38 – 40 derajat
  • sakit otot dan sendi
  • nyeri dada
  • kehilangan nafsu makan
  • kelelahan dan kelemahan
  • hidung meler dan sakit tenggorokan
  • batuk kering dan susah tidur
  • merasa kedinginan dan menggigil

Gejala flu biasanya berlangsung 3-5 hari. Gejala flu yang berlangsung lebih dari seminggu mungkin merupakan tanda bahwa penyakit telah terkomplikasi oleh infeksi bakteri dalam bentuk pneumonia, otitis media atau sinusitis . Konsultasikan dengan dokter Anda jika gejala tidak mereda setelah seminggu. Untuk mempercepat penyembuhan, terapkan 5 Tips Agar Cepat Sembuh dari Flu.  Anda juga harus menghindari penularan ke orang lain dengan menutup bersin/ batuk dengan sapu tangan dan sering mencuci tangan.

 

 

 

Sumber : majalahkesehatan.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel