Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Saraf Terjepit di Pergelangan Tangan

Jakarta, Deskripsi

Carpal tunnel syndrome adalah kondisi tangan dan lengan semakin menyakitkan disebabkan oleh saraf terjepit di pergelangan tangan. Sejumlah faktor dapat berkontribusi untuk carpal tunnel syndrome, termasuk anatomi pergelangan tangan, beberapa masalah kesehatan mendasar, dan mungkin pola penggunaan tangan.

Terikat oleh tulang dan ligamen, terowongan karpal adalah jalan sempit yang terletak pada bagian telapak dari pergelangan tangan. Terowongan ini melindungi saraf utama untuk tangan dan sembilan tendon pada jari. Kompresi saraf menghasilkan mati rasa, rasa sakit, dan, akhirnya kelemahan tangan yang menjadi ciri carpal tunnel syndrome. Untungnya, untuk kebanyakan orang yang mengembangkan carpal tunnel syndrome, pengobatan yang tepat biasanya dapat meringankan nyeri dan mati rasa dan mengembalikan penggunaan normal dari pergelangan tangan dan tangan.

Penyebab

Carpal tunnel syndrome terjadi sebagai akibat dari kompresi saraf median. Nervus medianus berjalan dari lengan melalui sebuah lorong di pergelangan tangan (terowongan karpal) ke tangan. Saraf tersebut memberikan sensasi ke sisi telapak ibu jari dan jari-jari, kecuali jari kelingking. Saraf tersebut juga memberikan sinyal saraf untuk menggerakkan otot-otot di sekitar dasar ibu jari (fungsi motorik).

Secara umum, apa pun yang mengganggu atau menekan saraf median di ruang terowongan karpal dapat menyebabkan carpal tunnel syndrome. Misalnya, patah tulang pergelangan tangan dapat mempersempit terowongan karpal dan mengiritasi saraf, seperti pembengkakan dan peradangan yang dihasilkan dari rheumatoid arthritis. Dalam banyak kasus, tidak ada penyebab tunggal yang dapat diidentifikasi. Mungkin bahwa kombinasi faktor risiko berkontribusi pada pengembangan kondisi.

Gejala

Carpal tunnel syndrome biasanya dimulai secara bertahap dengan sakit samar di pergelangan tangan yang dapat memperpanjang ke tangan atau lengan bawah. Gejala carpal tunnel syndrome umumnya meliputi:

1. Kesemutan atau mati rasa di jari atau tangan, terutama ibu jari dan jari telunjuk.
2. Nyeri memancar atau memanjang dari pergelangan tangan sampai lengan dan bahu atau ke dalam telapak tangan atau jari.
3. Kelemahan di tangan dan kecenderungan untuk menjatuhkan benda.

Pengobatan

Beberapa orang dengan gejala ringan carpal tunnel syndrome dapat meringankan ketidaknyamanan mereka dengan mengambil istirahat lebih sering dan memberikan kompres dingin untuk mengurangi pembengkakan. Jika hal tersebut tidak dapat membantu dalam beberapa minggu, pilihan pengobatan tambahan termasuk belat pergelangan tangan, obat-obatan, dan operasi. Belat dan perawatan konservatif lainnya lebih mungkin untuk membantu jika hanya memiliki gejala ringan sampai sedang kurang dari 10 bulan.

1. Terapi non-bedah

Metode ini dapat meliputi:
1. Belat pergelangan tangan.
2. Obat anti inflammatory drugs (NSAID)
3. Kortikosteroid

2. Operasi

Jika gejala yang parah atau menetap setelah mencoba terapi non-bedah, operasi mungkin akan menjadi pilihan terbaik.

Tujuan dari operasi terowongan karpal adalah untuk mengurangi tekanan pada saraf median dengan memotong ligamentum menekan pada saraf. Beberapa teknik operasi tersebut dapat mencakup:

1. Endoscopic surgery
2. Open surgery

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel