Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Pertumbuhan Berlebihan dari Sel LIMFATIK

Jakarta, Deskripsi

Castleman disease adalah penyakit langka yang mempengaruhi kelenjar getah bening dan struktur sel kekebalan tubuh. Juga dikenal sebagai giant lymph node hyperplasia and angiofollicular lymph node hyperplasia. Castleman disease diklasifikasikan sebagai gangguan lymphoproliferative. Kondisi tersebut berarti melibatkan pertumbuhan berlebih (proliferasi) sel limfatik. Hal tersebut membuat penyakit Castleman mirip dengan kanker sistem limfatik (limfoma), yang juga ditandai dengan pertumbuhan berlebih dari sel. Castleman disease tidak dianggap kanker, tetapi dikaitkan dengan risiko yang lebih tinggi dari jenis kanker yang disebut limfoma. Castleman disease dapat terjadi secara lokal atau bentuk yang lebih luas. Pengobatan tergantung pada jenis Castleman disease.

Penyebab

Tidak jelas apa yang menyebabkan Castleman disease. Infeksi oleh virus yang disebut human herpesvirus 8 (HHV-8) berhubungan dengan Castleman disease, dan dokter menduga bahwa hal tersebut mungkin memainkan peran, terutama Castleman disease multicentric. Virus ini juga telah dikaitkan dengan pengembangan sarkoma Kaposi, kanker tumor dari dinding pembuluh darah, yang juga umum pada orang dengan Castleman disease multisenter. Orang yang HIV positif lebih mungkin untuk memiliki Castleman disease dan sarkoma Kaposi.

Para peneliti tidak dapat menjelaskan peran dari HHV-8, namun tampaknya virus itu dapat menyebabkan gangguan fungsi sel-sel sistem kekebalan tubuh untuk mereproduksi cepat. Sel-sel kekebalan tubuh menghasilkan protein yang disebut interleukin 6 (IL-6) yang memberikan kontribusi untuk pertumbuhan berlebih dari sel-sel limfatik dan mengarah ke banyak tanda dan gejala Castleman disease. Umumnya, orang dengan Castleman disease unicentric tidak terinfeksi HHV-8.

Gejala

Castleman disease unicentric

Banyak orang dengan Castleman disease unicentric tidak ada gejala sama sekali. Paling sering, sakit kelenjar getah bening terletak di dada atau perut. Bila ada tanda dan gejala, mungkin dapat mencakup:

1. Sebuah perasaan penuh atau tekanan di dada atau perut yang dapat menyebabkan kesulitan bernapas atau kesulitan makan
2. Sebuah benjolan yang membesar di bawah kulit leher, pangkal paha, atau ketiak
3. Penurunan berat badan
4. Batuk
5. Anemia

Castleman disease multicentric

Orang dengan Castleman disease multisenter biasanya dapat berkembang tanda dan gejala, antara lain:

1. Demam
2. Keringat malam
3. Kehilangan nafsu makan
4. Mual dan muntah
5. Penurunan berat badan
6. Kelemahan
7. Kelelahan
8. Pembesaran kelenjar getah bening perifer, biasanya sekitar daerah leher, tulang selangka, ketiak, dan selangkangan
9. Pembesaran hati atau limpa
10. Kerusakan saraf di tangan dan kaki yang mengarah ke mati rasa atau kelemahan (neuropati perifer)

Pengobatan

Pengobatan tergantung pada jenis Castleman disease yang dimiliki. Pengobatan untuk Castleman disease unicentric hampir selalu dengan operasi, sedangkan Castleman disease multicentric memerlukan terapi yang lebih sistemik.

1. Castleman disease unicentric

Castleman disease unicentric dapat disembuhkan dengan pengangkatan kelenjar getah bening yang sakit. Jika kelenjar getah bening di dada atau perut, yang sering terjadi dengan Castleman disease unicentric, operasi besar mungkin diperlukan untuk mengambil nodus. Jika nodus yang terkena di tempat yang mudah untuk diakses, seperti di daerah ketiak atau leher, sebuah prosedur sederhana dapat dilakukan yang tidak memerlukan rawat inap. Jika operasi pengangkatan tidak mungkin, seperti jika kelenjar getah bening sulit untuk didapatkan, obat-obatan, seperti antibodi monoklonal rituximab (Rituxan) atau kortikosteroid, dapat digunakan untuk mengecilkan kelenjar getah bening. Terapi radiasi juga dapat menjadi cara yang efektif untuk menghancurkan jaringan yang terkena.

2. Castleman disease multicentric

Mengobati Castleman disease multicentric umumnya lebih sulit. Karena penyakit ini jarang terjadi, memiliki beragam tanda dan gejala nonspesifik. Dokter telah menemukan kesulitan untuk mengidentifikasi pengobatan yang terbaik. Pembedahan biasanya tidak menjadi pilihan untuk Castleman disease multicentric karena jumlah kelenjar getah bening yang terlibat, meskipun kadang-kadang menghilangkan pembesaran limpa dapat membantu mengurangi gejala.

Obat biasanya digunakan untuk Castleman disease multicentric, dengan berbagai tingkat keberhasilan. Dokter biasanya mencoba sebagai pengobatan sebanyak yang mereka bisa untuk memberikan bantuan yang paling tepat. Terapi tersebut dapat meliputi:

1. Antibodi monoklonal
2. Kortikosteroid
3. Kemoterapi
4. Obat antivirus
5. Immune modulators

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel