Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Mitos Seputar Donor Darah

Jakarta, Menyumbangkan darah tanpa pamrih merupakan perbuatan yang mulia karena dapat menyelamatkan banyak nyawa. Sayangnya, masih banyak orang yang enggan mendonorkan darah karena percaya dengan anggapan yang keliru seputar donor darah.

Ada beberapa mitos yang masih banyak beredar di masyarakat, yang menyebabkan banyak orang ragu atau takut untuk dapat menyumbangkan darahnya demi menyelamatkan hidup orang baik.

Berikut beberapa mitos dan penjelasan ilmiah yang disampaikan Dr. Rani Prem Kumar, konsultan Blood Bank di Moolchand Medcity, seperti dilansir timeofindia, Rabu (25/1/2012):

Mitos, mendonorkan darah membuat jumlah darah berkurang.
Faktanya, itu tidaklah benar. Pada kenyataannya dibutuhkan 1 atau 2 hari untuk mengisi volume cairan dalam tubuh dan 3 bulan untuk regenerasi sel darah merah untuk menyumbangkan darah lebih banyak.

Mitos, disarankan untuk beristirahat seharian penuh setelah menyumbangkan darah.
Faktanya, orang tetap dapat dengan mudah melanjutkan aktivitasnya sehari-hari setelah menyumbangkan darah, tetapi harus memperhatikan beberapa hal seperti berikut:

  1. Minum minimal 10-12 gelas air termasuk jus dalam waktu 24 jam setelah donor darah.
  2. Hindari paparan sinar matahari.
  3. Hindari mengemudi selama 2-3 jam berikutnya.
  4. Hindari merokok untuk 4 jam berikutnya.
  5. Hindari alkohol untuk 24 jam berikutnya.

Mitos, donor darah adalah suatu prosedur yang menyakitkan.
Faktanya, menyumbangkan darah tidak menyakitkan sama sekali. Pendonor hanya merasakan sensasi seperti dicubit sedikit ketika jarum menusuk lengan.

Mitos, jangan sering-sering mendonorkan darah karena akan membuat tubuh lemah.
Faktanya, orang yang sehat bisa mendonorkan darah empat kali setahun dengan minimum 3 bulan jarah antara masing-masing donor darah.

Mitos, perokok tidak dapat menyumbangkan darah.
Faktanya, perokok masih bisa menyumbangkan darah tapi harus menjauhkan diri dari satu jam sebelum dan setelah donor darah.

Mitos, donor darah secara teratur dapat menyebabkan obesitas (kegemukan)
Faktanya, menyumbangkan darah tidak mempengaruhi berat badan Anda. Namun memang pada beberapa orang yang setelah donor darah makan makanan yang lebih dari normal dan menghindari latihan, dapat menyebabkan kenaikan berat badan, tetapi hal itu tidak secara langsung berhubungan dengan donor.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel