Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Idiopathic Thrombocytopenic Purpura ( Gangguan Pembekuan Darah )

Deskripsi

IdiopaIdiopathic thrombocytopenic purpura (ITP), adalah gangguan pembekuan darah yang dapat menyebabkan mudah memar dan perdarahan berlebihan. ITP merupakan hasil dari kadar trombosit yang rendah. Trombosit adalah sel yang membantu penggumpalan darah.

ITP dapat mempengaruhi anak maupun orang dewasa. Anak-anak sering mengembangkan ITP setelah infeksi virus dan biasanya sembuh sepenuhnya tanpa pengobatan. Pada orang dewasa, gangguan ini sering kronis.

Pengobatan ITP tergantung pada gejala dan kadar trombosit. Jika tidak memiliki tanda-tanda perdarahan dan jumlah trombosit yang tidak terlalu rendah, pengobatan untuk kondisi ini biasanya tidak diperlukan.

Kasus yang lebih serius dapat diobati dengan obat atau, dalam situasi kritis, dengan surgery thic thrombocytopenic purpura (ITP).

Penyebab

Penyebab pasti dari ITP tidak diketahui. Itulah mengapa disebut sebagai idiopatik, yang berarti bahwa penyebabnya tidak diketahui. Pada orang dengan ITP, malfungsi sistem kekebalan tubuh mulai menyerang trombosit seolah-olah trombosit zat asing.

Gejala

ITP mungkin tidak memiliki gejala. Gejala-gejala ITP yang dapat terjadi, antara lain:

1. Mudah memar (purpura)

2. Perdarahan dalam kulit yang muncul sebagai ruam kemerahan

3. Perdarahan dari luka yang berkepanjangan

4. Perdarahan spontan dari gusi atau hidung

5. Darah dalam urin atau tinja

6. Jumlah darah menstruasi yang berlebihan

7. Perdarahan yang banyak selama operasi

Pengobatan

Tujuan dari mengobati ITP adalah untuk memastikan jumlah trombosit yang aman dan mencegah komplikasi perdarahan dan meminimalkan efek samping pengobatan. Pada anak-anak, ITP biasanya berjalan saja tanpa perlu pengobatan.

Sedangkan apda orang dewasa dengan kasus-kasus ringan ITP mungkin memerlukan tidak lebih dari pemantauan reguler dan pemeriksaan trombosit. Tetapi jika gejala cukup parah, maka memerlukan pengobatan.

Obat yang umum digunakan untuk mengobati ITP meliputi:

1. Kortikosteroid

2. Intravenous immune globulin (IVIG)

3. Thrombopoietin receptor agonists

 

Jika pasien memiliki ITP parah dan pengobatan awal prednison tidak membantu, operasi pengangkatan limpa (splenektomi) dapat menjadi pilihan. Prosedur ini menghilangkan sumber utama perusakan trombosit dalam tubuh dan meningkatkan jumlah trombosit dalam beberapa minggu.

Pengobatan lain yang mungkin termasuk:

1. Obat imunosupresan

2. Perawatan dengan H. pylori

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel