Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Protein Amiloid yang Tertimbun Dalam Organ Tubuh

Jakarta, Deskripsi

Amiloidosis adalah suatu penyakit yang terjadi ketika zat yang disebut protein amiloid ada dalam organ-organ tubuh. Amiloid merupakan protein abnormal yang biasanya diproduksi oleh sel dalam sumsum tulang yang dapat disimpan dalam jaringan atau organ.

Amyloidosis dapat mempengaruhi organ yang berbeda pada orang yang berbeda, dan ada berbagai jenis amiloid. Amiloidosis sering mempengaruhi jantung, ginjal, hati, limpa, sistem saraf, dan saluran pencernaan.
Amiloidosis jarang terjadi dan penyebab pastinya seringkali tidak diketahui. Perawatan yang tersedia hanya untuk membantu mengelola gejala amyloidosis dan membatasi produksi protein amiloid.

Penyebab

Dokter mengklasifikasikan menjadi 3 bentuk amiloidosis utama, antara lain:

1. Amiloidosis primer
Bentuk paling umum dari amyloidosis dapat mempengaruhi banyak organ, termasuk jantung, ginjal, hati, limpa, saraf, usus, kulit, lidah, dan pembuluh darah.

Amiloidosis primer tidak terkait dengan penyakit lain, kecuali untuk multiple myeloma, yaitu bentuk kanker pada sumsum tulang. Penyebab pasti dari amiloidosis primer tidak diketahui.

2. Amiloidosis sekunder
Amiloidosis sekunder terjadi dalam hubungan dengan penyakit infeksi atau peradangan kronis, seperti tuberkulosis, inflamasi arthritis, osteomyelitis, atau infeksi tulang.

Ini terutama mempengaruhi ginjal, limpa, hati dan kelenjar getah bening, meskipun organ lainnya mungkin juga terlibat. Pengobatan penyakit yang mendasari dapat membantu menghentikan perkembangan dari bentuk amiloidosis.

3. Amiloidosis keturunan (familial)
Seperti namanya, amiloidosis keturunan (familial) merupakan bentuk amiloidosis yang diwariskan. Tipe ini sering mempengaruhi hati, saraf, jantung, dan ginjal.

4. Amiloidosis terkait dialisis (DRA)
Merupakan bentuk amiloidosis yang berkembang ketika protein dalam darah yang tersimpan dalam sendi dan tendon, menyebabkan nyeri, kekakuan dan cairan pada sendi, serta sindrom carpal tunnel. Kondisi ini paling mungkin untuk mempengaruhi orang-orang yang melakukan hemodialisis jangka panjang.

Gejala

Tanda dan gejala amiloidosis tergantung pada organ mana yang dipengaruhi. Tanda dan gejala amiloidosis yang mungkin terjadi, antara lain:
1. Pembengkakan pergelangan kaki dan kaki
2. Kelemahan
3. Penurunan berat badan secara signifikan
4. Sesak napas
5. Mati rasa atau kesemutan pada tangan atau kaki
6. Diare atau konstipasi
7. Merasa kenyang dengan cepat
8. Kelelahan parah
9. Lidah membesar (macroglossia)
10. Perubahan kulit, seperti penebalan atau mudah memar
11. Purplish patch (purpura) di sekitar mata
12. Denyut jantung tidak teratur
13. Kesulitan menelan
14. Protein dalam urin (dideteksi dengan tes urin)

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel