Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Peradangan pada Kelopak Mata ( BLEFARITIS )

Jakarta, Deskripsi

Blefaritis adalah peradangan pada kelopak mata tempat bulu mata tumbuh. Blefaritis terjadi ketika kelenjar minyak yang terletak dekat pangkal bulu mata mengalami kerusakan sehingga menyebabkan peradangan, iritasi, dan gatal pada kelopak mata. Beberapa penyakit dan kondisi lain dapat menyebabkan blefaritis.

Blefaritis seringkali merupakan kondisi kronis yang sulit diobati. Blefaritis bisa jadi tidak nyaman, tapi biasanya tidak menyebabkan kerusakan permanen pada penglihatan.
Gejala

Tanda dan gejala blefaritis meliputi:
1. Mata berair
2. Mata merah
3. Rasa terbakar di mata
4. Kelopak mata yang berminyak
5. Gatal pada kelopak mata
6. Merah dan bengkak pada kelopak mata
7. Pengelupasan kulit di sekitar mata
8. Bulu mata berkerak saat bangun tidur
9. Peka terhadap cahaya
10. Bulu mata yang muncul tidak normal atau salah arah
11. Kerontokan bulu mata

Penyebab

Blefaritis terjadi ketika kelenjar minyak yang terletak dekat pangkal bulu mata mengalami kerusakan. Namun juga seringkali merupakan kondisi kronis, yang berarti mungkin memerlukan perawatan jangka panjang.

Penyakit dan kondisi yang dapat menyebabkan blefaritis meliputi:
1. Dermatitis seboroik, ketombe dari kulit kepala dan alis
2. Infeksi bakteri
3. Rusaknya kelenjar minyak di kelopak mata
4. Rosacea, suatu penyakit kulit yang ditandai dengan kemerahan pada wajah
5. Alergi, termasuk reaksi alergi terhadap obat mata, kontak lensa, atau riasan mata
6. Tungau

Perawatan dan obat-obatan

Pengobatan untuk blefaritis dapat mencakup:
1. Membersihkan daerah yang terkena secara teratur. Membersihkan kelopak mata dengan kain lap hangat dapat membantu mengontrol tanda-tanda dan gejala.

2. Antibiotik. Menggunakan obat tetes mata yang mengandung antibiotik pada kelopak mata dapat membantu mengontrol blefaritis yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Dalam kasus tertentu, antibiotik diberikan dalam bentuk krim, salep atau pil.

3. Steroid obat tetes mata atau salep. Obat tetes mata atau salep yang mengandung steroid dapat membantu mengontrol peradangan mata dan kelopak mata.

4. Air mata buatan. Obat tetes mata atau air mata buatan yang tersedia tanpa resep dokter dapat membantu meringankan mata kering.

5. Mengobati kondisi yang mendasarinya. Blefaritis bisa juga disebabkan oleh dermatitis seboroik, rosacea atau penyakit lainnya dapat dikontrol dengan cara mengobati penyakit yang mendasarinya.

Blefaritis jarang menghilang sepenuhnya dan seringkali kambuh.

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel