Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Makanan Bagus dan Buruk Buat Pencernaan

Jakarta, Hampir semua jenis makanan yang masuk ke dalam mulut akan dicerna oleh sistem pencernaan tubuh. Unuk itu sebaiknya ketahui nutrisi atau makanan apa saja yang baik dan buruk bagi pencernaan.

Terkadang perubahan dalam pengolahan dan persiapan makanan serta gaya hidup yang tidak sehat membuat perut tidak memberikan reaksi yang baik untuk semua jenis makanan yang dikonsumsi.
Berikut ini adalah panduan mengenai apa yang baik dan buruk untuk sistem pencernaan, seperti dikutip dari HuffingtonPost, Kamis (22/12/2011) yaitu:

Makanan yang buruk untuk sistem pencernaan:

1. Makanan tinggi lemak dan digoreng
Kedua makanan ini bisa mengakibatkan refluks asam dan heartburn (lambung panas), serta memicu terjadinya warna feses yang pucat atau disebut dengan steatorrhea yang diakibatkan lemak berlebih dalam feses.

2. Makanan pedas
Makanan yang pedas bisa menurunkan tekanan otot di bagian bawah kerongkongan sehingga membuat asam lambung naik lagi, memicu refluks asam yang menyakitkan. Kondisi ini bisa sangat bermasalah pada orang dengan sindrom iritasi usus besar dan maag kronis.

3. Susu
Bagi orang yang memiliki intoleransi lakosa (kekurangan enzim laktase), maka konsumsi susu atau produk susu bisa menyebabkan diare, gas, perut kembung dan kram. Beberapa penyakit seperti Celiac dan Crohn bisa menyebabkan intoleransi laktosa.

4. Alkohol
Alkohol bisa melemaskan esophageal sphincter yang menyebabkan refluks asam, rasa tak nyaman di perut, mengikis lapisan lambung, mengganggu enzim tertentu dan mencegah nutrisi terserap.

5. Buah berries
Buah ini memang baik untuk kesehatan, tapi biji kecilnya bisa menjadi masalah bagi orang yang memiliki diverculitis (kantung yang berkembang di usus biasanya pada usus besar) sehingga bisa meradang atau terinfeksi.

6. Kopi, teh dan minuman soda
Minuman ini tidak hanya mengendurkan esophageal sphincter, tapi menyebabkan penumpukan asam lambung dan bersifat diuretik yang memicu diare serta kram. Selain itu minuman berkafein bisa memperburuk penyakit gastroesophageal reflux (GERD). Bagi yang sensitif sebaiknya minum dalam kadar yang sedikit saja.

Makanan yang baik untuk sistem pencernaan:

1. Yogurt
Yogurt diketahui mengandung beberapa jenis bakteri sehat, dengan konsumsi yogurt maka akan mengisi ulang flora normal dalam saluran pencernaan sehingga bisa lebih sehat.

2. Kubis
Kubis baik dalam mempromosikan pertumbuhan bakteri sehat dalam usus besar serta mengandung jenis serat yang tidak dicerna sehingga membantu menghilangkan limbah dan menjaga buang air besar agar lebih teratur.

3. Daging tanpa lemak dan ayam
Daging tanpa lemak dan ayam lebih mudah dicerna oleh tubuh karena mengandung sedikit lemak sehingga tidak meningkatkan risiko kanker usus besar seperti halnya daging merah.

4. Biji-bijian utuh
Biji-bijian seperti roti gandum, oat dan beras merah merupakan sumber serat yang baik dan bisa membantu pencernaan. Setiap orang disarankan mengonsumsi 20-30 gram serat per hari.

5. Pisang
Pisang membantu memulihkan fungsi usus kembali normal terutama jika memiliki diare, serta mengembalikan elektrolit dan kalium yang hilang akibat tinja yang berlendir.

6. Jahe
Rempah-rempah ini telah digunakan selaam ribuan tahun sebagai cara yang aman untuk meredakan mual, muntah, mabuk perjalanan, kelebihan gas dan kolik. Tapi jangan berlebihan, karena jika terlalu banyak bisa menyebabkan heartburn.

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel