Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Kista Sumsum Tulang Belakang ( Syringomyelia )

Jakarta, Definisi
Syringomyelia adalah munculnya dari kista berisi cairan (syrinx) dalam sumsum tulang belakang. Seiring waktu, kista bisa membesar, merusak sumsum tulang belakang dan menyebabkan rasa sakit, kelemahan dan kekakuan.

Syringomyelia memiliki beberapa kemungkinan penyebab. Sebagian besar kasus syringomyelia berhubungan dengan malformasi Chiari, yaitu suatu kondisi di mana otak menjorok ke dalam kanal jaringan tulang belakang. Penyebab lain syringomyelia adalah tumor sumsum tulang belakang, cedera tulang belakang, dan kerusakan yang disebabkan oleh peradangan di sekitar saraf tulang belakang.
Gejala
Jika syringomyelia disebabkan oleh malformasi Chiari, yaitu suatu kondisi di mana jaringan otak menjorok ke kanal tulang belakang, gejalanya dapat dimulai ketika usia remaja atau dewasa awal. Dalam beberapa kasus, jatuh, trauma ringan, batuk, atau mengejan dapat memicu gejala syringomyelia.

Tanda-tanda awal dan gejala syringomyelia dapat menyerang leher, bahu, lengan dan tangan, antara lain:
1. Kelemahan otot
2. Hilangnya refleks
3. Hilangnya kepekaan terhadap nyeri dan suhu

Tanda-tanda dan gejala syringomyelia lainnya adalah:
1. Kekakuan pada, bahu punggung, lengan dan kaki
2. Nyeri di leher, lengan, dan punggung
3. Fungsi usus dan kandung kemih terganggu
4. Kelemahan otot dan kejang pada kaki
5. Wajah nyeri atau mati rasa
6. Tulang belankang melengkung (skoliosis)

Penyebab
Meskipun tidak jelas persis bagaimana dan mengapa syringomyelia terjadi, cairan serebrospinal yang mengelilingi dan melindungi otak beserta sumsum tulang belakang berkumpuil di dalam sumsum tulang belakang dan membentuk kista berisi cairan (syrinx).

Kondisi dan penyakit berikut dapat menyebabkan syringomyelia:
1. Malformasi Chiari : suatu kondisi di mana jaringan otak menjorok ke kanal tulang belakang
2. Meningitis : peradangan selaput otak dan sumsum tulang belakang
3. Tumor sumsum tulang belakang : tumor dapat mengganggu sirkulasi normal cairan serebrospinal
4. Tethered spinal cord syndrome : gangguan yang terjadi akibat jaringan yang melekat pada tulang belakang membatasi gerakan
5. Cedera tulang belakang : gejala dapat terjadi beberapa bulan atau tahun setelah cedera terjadi
6. Jaringan parut pada tulang belakang : dapat muncul setelah operasi

Perawatan dan obat-obatan
Pengobatan syringomyelia tergantung pada keparahan anda dan gejalanya. Dalam kasus yang jarang, syrinx dapat sembuh sendiri tanpa pengobatan.

Operasi
Jika tanda dan gejala syringomyelia mengganggu kehidupan sehari-hari atau memburuk, biasanya dianjurkan untuk melakukan operasi. Tujuan operasi adalah untuk menghilangkan tekanan akibat syrinx pada sumsum tulang belakang dan menormalkan aliran cairan serebrospinal. Jenis operasi yang dibutuhkan tergantung pada penyebab yang mendasari syringomyelia.

1. Mengobati malformasi Chiari. Jika syringomyelia disebabkan oleh malformasi Chiari, dokter dapat merekomendasikan operasi yang memperbesar pembukaan di dasar tengkorak (craniectomy suboccipital) dan diperluas hingga menjangkau otak (dura mater). Pembedahan dapat mengurangi tekanan pada otak dan sumsum tulang belakang, menormalkan aliran cairan serebrospinal, dan dalam banyak kasus, menyembuhkan syringomyelia.
2. Pengeringan syrinx. Untuk menguras syrinx, dokter dapat menyisipkan operasi yang disebut shunt. Operasi ini terdiri dari sebuah tabung fleksibel dengan katup yang menjaga cairan dari syrinx mengalir pada arah yang diinginkan. Salah satu ujung pipa ditempatkan dalam syrinx dan yang lainnya ditempatkan di luar sumsum tulang belakang. Shunt tetap di dalam tulang belakang setelah operasi. Dalam beberapa kasus, dokter mungkin dapat untuk mengalirkan syrinx selama operasi dengan tabung kecil (kateter).
3. Pengangkatan obstruksi. Jika sesuatu di dalam sumsum tulang belakang, seperti tumor atau pertumbuhan tulang, menghambat aliran cairan serebrospinal, pengangkatan obstruksi dapat memulihkan aliran normal dan memungkinkan cairan mengalir dari syrinx.
4. Mengoreksi kelainan. Jika kelainan tulang belakang menghambat aliran cairan serebrospinal, operasi untuk memperbaiki kelainan dapat mengembalikan aliran cairan dan memungkinkan syrinx mengempis.

Pembedahan tidak selalu efektif mengembalikan aliran cairan serebrospinal, dan syrinx mungkin tetap ada.

Perawatan tindak lanjut
Perawatan tindak lanjut setelah operasi sangat penting karena syringomyelia bisa kambuh. Perlu dilakukan pemeriksaan teratur dengan dokter untuk menilai hasil operasi. Syrinx lain mungkin terbentuk, sehingga membutuhkan operasi tambahan. Bahkan setelah pengobatan, beberapa tanda dan gejala syringomyelia mungkin amsih bertahan karena syrinx dapat menyebabkan kerusakan saraf tulang belakang permanen.

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

2 Responses to “Kista Sumsum Tulang Belakang ( Syringomyelia )”

  • sudarto:

    Saya pernah di opname karena sakit tulang belakang…diagnosa dokter saraf saya setelah MRI ada kista di tulang belakang dan dianjrkan untuk di operasi. Namun saya belum berani dan mantap untuk melakukan operasi ..karena di tulang belakang merupaka pusat saraf manusia…saya ingin melakukan pengobatan secara tradisional..spakah ada obat alami untuk mengatasi kista tulang belakang tersebut.Mohon informasi dan rekomendasi obat alami apa yang bisa saya konsumsi. terima kasih

    • admin:

      Selamat siang, salam SEHAT

      Terimakasih telah mempercayakan kami sebagai tempat layanan konsultasi sdr. Secara umum sistem kerja obat herbal untuk suat penyakit bersifat lamban, sehingga membutuhkan waktu untuk terapi herbalnya. Terus terang untuk kasus Kista pada tulang belakang, kami yg di Jogja belum pernah menanganinya. Yang sering ditangani adalah Kista di rahim dan di payudara. Intiya dalam pengoabatan dengan Herbal, fungsi dari herbalnya sendiri adalah untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, mencegah pengentalan darah, sebagai anti pembengkakan, anti nyeri, pemulihan fungsi saraf, dsb. Jika berkenaan, sdr dapat mengkonsumsi herbal, al :
      - kp. madeca
      - kp. ekstrak made
      - kp. udd
      - teh suqun
      - kp. sambiloto / tapak liman
      - kp. manggis
      - teh sirsakti
      ke enam ramuan diatas dapat dikonsumsi secara rutin. Kami menganjurkan utk terapi selama minimal 3 bulan, setelah itu dianjurkan untuk melakukan cek secara medis untuk melihat perkembangan kesehatannya.

      Demikian sdikit informasi dari kami, semoga bermanfaat.
      Salam SEHAT SUKSES BAHAGIA

      **************************************************************************************

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel