Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

5 Jenis Makanan yang Memperbaiki Jaringan TUBUH

Kebanyakan orang tahu bahwa ikan, daging dan unggas merupakan sumber protein yang baik. Protein dibutuhkan tidak hanya untuk membangun jaringan dalam tubuh, tetapi juga untuk perbaikan dan pemeliharaan jaringan.

Sayangnya masih sedikit orang yang tahu bahwa tanaman sejenis polong-polongan, kacang-kacangan dan biji-bijian juga kaya akan kandungan protein dan nutrisi penting lainnya. Bahkan mereka juga mengandung beberapa zat bioaktif yang menyehatkan.
Berikut ini adalah 5 makanan yang bertugas memperbaiki jaringan tubuh serta memberikan nutrisi penting untuk kesehatan dan pemeliharaan tubuh, termasuk protein, vitamin B, seng besi, dan magnesium.

1. Ikan

Konsumsi ikan dianjurkan setiap hari. Rekomendasi ini didasarkan pada nilai gizi positif yang terkandung pada ikan. Protein dalam ikan mirip dengan yang ditemukan pada daging dan unggas. Kandungan lemak ikan sangat variabel dan umumnya lebih rendah ketimbang daging dan unggas, termasuk kandungan kolesterolnya.

Beberapa jenis ikan (seperti salmon, trout dan ikan haring) yang tinggi asam lemak tak jenuh ganda (PUFA) atau biasa disebut asam lemak omega-3 telah terbukti memberikan manfaat kesehatan  terutama kaitannya dengan kesehatan jantung.

2. Daging ayam

Daging ayam atau unggas merupakan sumber makanan kaya protein dan zat besi yang mudah diserap dan dimanfaatkan oleh tubuh. Untuk mengurangi asupan lemak jenuh, disarankan untuk hanya mengonsumsi daging saja, dan membuang bagian kulitnya. Jeroan atau organ daging seperti hati dan ginjal juga jantung tidak dianjurkan untuk dikonsumsi secara teratur karena agak tinggi kandungan kolesterol.

3. Telur

Telur memiliki nilai gizi tinggi dan karenanya direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh semua orang sehat. Telur dapat menjadi sumber protein penting bagi anak-anak. Mereka juga relatif lebih murah dibandingkan dengan makanan yang berasal dari hewani.

Protein dalam telur memiliki kualitas yang sangat baik, dan jumlahnya hanya sedikit lebih rendah ketimbang daging. Telur adalah sumber vitamin B12, zat besi dan seng. Kuning telur mengandung sejumlah besar kolesterol tapi tidak seperti produk susu dan daging. Jadi, untuk orang dewasa dengan kolesterol darah tinggi, konsumsi kuning telur harus dibatasi, misalnya tiga telur per minggu.

4. Legumes (polong-polongan)

Kandungan protein dari Legumes (polong-polongan) umumnya mirip dengan daging dan unggas. Namun, mereka biasanya memiliki lebih sedikit kandungan asam amino (blok pembangun protein). Legumes juga dapat dianggap sebagai makanan bertepung yang merupakan sumber terbaik dari serat makanan. Selain protein dan serat, tanaman ini juga menyediakan nutrisi lain seperti besi dan seng. Namun, zat besi dan seng dari sumber tanaman kurang bioavailable daripada yang bersumber pada hewan. Beberapa jenis

Legumes tertentu juga mengandung berbagai phytochemical. Zat-zat bioaktif memiliki manfaat kesehatan potensial untuk berbagai penyakit kronis. Kacang kedelai dan produk lainnya seperti tahu, tempe, tauge dan miso adalah beberapa kacang-kacangan yang paling banyak dikonsumsi.

5. Nuts dan Seeds (Kacang dan biji-bijian)

Kacang-kacangan dan biji-bijian bisa menjadi pilihan untuk di masukkan dalam menu makanan. Banyak jenis kacang yang dapat di konsumsi, misalnya almond, pecan, pistachio, dan walnut. Ada juga berbagai jenis biji-bijian seperti biji bunga matahari, labu, wijen, dan lena. Kacang-kacangan dan biji-bijian adalah sumber protein dan nutrisi. Kacang juga tinggi serat dan kaya dalam berbagai vitamin dan mineral.

Kacang-kacangan merupakan sumber baik dari lemak tak jenuh tunggal dan juga mengandung asam lemak tak jenuh ganda esensial, yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan sejumlah proses vital. Namun, kacang-kacangan juga tinggi lemak. Oleh karena itu, makanan ini tidak boleh dikonsumsi terlalu banyak.

 

 

 

Sumber : kompas.com

 

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel