Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

” Tennis ELBOW / LATERAL EPICONDYLITIS

Jakarta, Deskripsi

Tennis elbow atau lateral epicondylitis adalah nyeri yang terjadi ketika tendon yang menyambungkan otot siku dengan tulang terlalu banyak berkontraksi, biasanya ketika menggerakan pergelangan tangan dan lengan secara berulang-ulang.

Tennis elbow juga dapat disebabkan karena melakukan pukulan backhand yang kurang sempurna pada permainan tenis. Namun banyak juga pekerjaan dan gerakan berulang-ulang pada pergelangan tangan dan lengan yang dapat menyebabkan tennis elbow.

Rasa sakit akibat tennis elbow terjadi pada tendon otot-otot lengan yang menempel pada tonjolan tulang siku bagian luar. Nyeri juga dapat menyebar ke lengan dan pergelangan tangan.

Istirahat dan memakai obat penghilang rasa sakit seringkali membantu meringankan gejala tennis elbow. Jika pengobatan konservatif tidak membantu atau gejalanya menyebabkan sulit beraktifitas, dokter mungkin menyarankan operasi.

Gejala

Rasa sakit akibat tennis elbow menyebar dari bagian luar siku menuju lengan bagian bawah dan pergelangan tangan. Rasa nyerinya dapat menyebabkan sulit menggoyangkan tangan, memutar kenop pintu, bahkan sulit mengangkat secangkir kopi

Penyebab

Tennis elbow disebabkan ketegangan dan cedera otot yang berlebihan. Penyebabnya adalah kontraksi berulang-ulang otot lengan yang digunakan untuk meluruskan atau mengangkat pergelangan tangan.

Gerakan berulang dan tekanan pada jaringan tersebut dapat menyebabkan peradangan pada tendon yang melekatkan antara otot-otot lengan dengan tonjolan tulang siku bagian luar.

Bermain tenis, terutama melakukan stroke backhand berkali-kali dengan teknik yang buruk merupakan salah satu penyebab tennis elbow. Namun banyak juga gerakan lengan lainnya yang dapat menyebabkan tennis elbow, termasuk:

  1. Menggunakan alat-alat reparasi
  2. Melukis
  3. Membetulkan sekrup
  4. Memotong bahan-bahan untuk memasak, terutama daging
  5. Menggunakan mouse komputer secara berlebihan

Perawatan dan obat-obatan

Tennis elbow sering sembuh dengan sendirinya. Tetapi jika obat penghilang sakit dan perawatan lainnya tidak cukup membantu, dokter akan menyarankan terapi fisik. Untuk kasus yang parah, mungkin diperlukan pembedahan.

Terapi

Dokter mungkin menyarankan teknik tenis atau tugas-tugas pekerjaan tertentu untuk mengurangi tekanan pada jaringan yang terluka.
- Latihan. Dokter atau ahli terapi fisik mungkin menyarankan latihan secara bertahap dengan cara meregangkan dan memperkuat otot-otot, terutama otot lengan.
- Penjepit. Dokter juga mungkin menyarankan pasien memakai tali lengan atau penjepit untuk mengurangi tekanan pada jaringan yang terluka.

Operasi

Jika gejala tidak membaik setelah setidaknya satu tahun terapi biasa, mungkin perlu dilakukan pembedahan untuk mengangkat jaringan yang rusak.

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel