Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Khasiat ANGKAK untuk Kolesterol

Penelitian baru dari dua ahli jantung di Philadelphia menemukan bahwa suplemen harian yang dijual bebas di apotek dan toko makanan kesehatan dapat menjadi alternatif bagi pasien yang tidak bisa menggunakan obat statin untuk menurunkan kolesterol karena nyeri otot yang berhubungan dengan statin. Temuan studi mereka dengan judul Red Yeast Rice for Dyslipidemia in Statin-Intolerant Patients, muncul dalam Annals of Internal Medicine edisi 16 Jun 2009.
Khasiat ANGKAK untuk Kolesterol
Dokter ahli jantung David Becker, MD. dan Ram Gordon, MD, dari Chestnut Hill Cardiology, mempelajari 62 pasien dengan kolesterol tinggi dalam sebuah penelitian terkontrol plasebo, acak buta ganda, untuk mengevaluasi Angkak (red yeast rice) pada pasien dengan sejarah mialgia erkait statin (efek samping termasuk rasa sakit dan kelemahan otot). Tigapuluh satu pasien menggunakan kapsul berisi 600 mg angkak dua kali per hari selama enam bulan, dan yang lainnya menerima plasebo. Pasien yang mendapat angkak juga berpartisipasi dalam pertemuan mingguan untuk tiga bulan pertama, di mana mereka diajarkan tentang penyakit jantung dan bagaimana untuk memasukkan nutrisi sehat jantung, olahraga dan pengelolaan stres dalam kehidupan mereka.

Pada kesimpulan kajian, penelitian ditemukan:

* Kadar LDL (dikenal sebagai “kolesterol buruk”) menurun lebih banyak pada pasien yang menerima angkak (turun rata-rata, 35 mg/dl) dibandingkan pada pasien yang menerima plasebo (turun rata-rata, 15 mg/dl).
* Kadar kolesterol total meningkat lebih banyak pada kelompok angkak daripada kelompok plasebo.
* Skor nyeri otot, turun berat badan, kolesterol HDL (high-density lipoprotein atau “kolesterol baik”) dan kadar enzim hati atau otot tidak berbeda antara kedua kelompok.

Red Yeast Rice, obat-obatan dari Cina selama lebih dari seribu tahun, berasal dari jamur yang tumbuh pada beras. Sejumlah kandungan dalam beras merah telah ditemukan untuk memperlambat produksi kolesterol dalam hati. Komunitas medis, bagaimanapun, telah mempertimbangkan dengan lambat potensinya yang digunakan sebagai terapi alternatif mengobati pasien mialgia akibat statin karena suplemen tidak diatur oleh badan Food and Drug Administration.

“Setiap dokter memiliki pasien yang menolak untuk menggunakan statin atau yang punya efek samping nyata pada mereka,” kata Dr Becker. “Salah satu tantangan terbesar dalam komunitas medis bahwa tidak ada kesepakatan atau konsensus mengenai cara untuk merawat pasien-pasien seperti ini. Kami yakin bahwa kami penelitian dapat mengarah pada beberapa jawaban. ”

Dr Gordon berkomentar, “Statin telah merevolusi cara perawatan dokter telah diambil dari pasien penyakit jantung selama dua dekade. Tetapi untuk pasien yang tidak dapat mentoleransi mereka, efek samping dapat dipertimbangkan. ” Beberapa penelitian telah memperkirakan bahwa sampai 15% dari pasien yang menggunakan obat penurun kolesterol harus menghentikan obat karena sakit pada otot. Menurut IMS Health, lebih dari 200 juta resep statin telah dikeluarkan pada tahun 2008.

Dr Gordon menambahkan, “Walaupun angkak ini tidak sesuai untuk semua orang, tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat apakah ia memiliki potensi untuk menjadi salah satu pilihan bagi para pasien yang akan menghentikan obat statin karena efek sampingnya. Seringkali pasien-pasien yang memiliki kolesterol tinggi dibiarkan tanpa terapi penurun lipid. Hal ini sangat mencemaskan jika pasien memiliki riwayat serangan jantung, stent, operasi bypass atau Stroke. ”

Dr Becker dan Dr Gordon melakukan praktek swasta di Chestnut Hill Cardiology di Flourtown, Pennsylvania, sebuah kota satelit yang berada di Philadelphia dan mereka adalah staf Chestnut Hill and Abington Memorial Hospital. Mereka juga melakukan program pencegahan penyakit jantung yang inovatif yang disebut “Change of Heart”, yang dikembangkan oleh Dr Becker pada tahun 1993. Program 10 minggu ini memerlukan pendekatan holistik untuk kesehatan jantung, memanfaatkan diet, olahraga, manajemen stres dan terapi pengobatan alternatif dan tradisional untuk membantu mengurangi dan bahkan membalikkan efek dari penyakit arteri koroner.

Dr Becker mengatakan, “Kami hadir dengan sistem sedikit penekanan pada pendidikan pasien. Kami menerapkan pendekatan tim. Bekerja sama dengan ahli diet, ahli kebugaran dan konselor manajemen stres, dan kami menyediakan dokter untuk membantu mereka mengevaluasi dan mempertimbangkan pengobatan tradisional dan terapi alternatif. Kami percaya bahwa pasien perlu melakukan kontrol terhadap jantung mereka sendiri. ”

“Selain temuan-temuannya, kajian ini adalah unik karena benar-benar berakar dalam masyarakat kita bukan pada kepentingan komersial perusahaan-perusahaan farmasi,” kata Brooks Turkel, CEO Chestnut Hill Hospital. “Sasaran penelitian dibuat karena pasien lokal bertanya tentang alternatif untuk menurunkan kolesterol dan obat-obatan yang tidak dikehendaki potensi efek sampingnya. Para dokter jantung kami termotivasi untuk memberikan pasien dengan alternatif, mengembangkan program modifikasi gaya hidup, Change of Heart, yang telah menjabat sebagai batu loncatan untuk penelitian lebih lanjut melibatkan suplemen alami. Kami di Rumah Sakit Chestnut Hill sangat bangga bahwa penelitian oleh Dr. Becker, Gordon dan tim yang mendapat pengakuan dari komunitas medis nasional. ”

 

 

 

Sumber : Klinik Herbal Ny Ning Harmanto

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel