Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Peradangan Pada Saluran Susu ( Mammary Duct Ectasia )

Jakarta, Deskripsi

Mammary duct ectasia terjadi ketika saluran susu di bawah puting membesar, dinding saluran menebal dan saluran terisi dengan cairan. Saluran susu kemudian tersumbat dengan zat yang kental dan lengket.

Perubahan itu sebenarnya normal dan tak perlu dikhawatirkan, sebab mammary duct ectasia bukanlah tanda atau faktor yang berisiko menyebabkan kanker payudara.
Mammary duct ectasia terjadi paling sering pada wanita di usia 40-an dan 50-an. Kondisi ini biasanya tidak menimbulkan gejala, tetapi beberapa wanita mungkin mengalami nyeri pada puting dan payudaranya, atau mengalami peradangan di daerah dekat puting (mastitis periductal).

Mammary duct ectasia biasanya membaik tanpa pengobatan. Namun, jika gejalanya tetap berlangsung lama, mungkin perlu antibiotik atau pembedahan untuk mengangkat saluran susu yang terkena.

Gejala
1. Puting berubah warna menjadi berwarna kehijauan, hitam, atau putih kotor
2. Perubahan terjadi pada salah satu atau kedua puting payudara
3. Puting susu atau jaringan payudara di sekitarnya menjadi lembut
4. Payudara berwarna kemerahan
5. Terdapat benjolan atau penebalan

Infeksi bakteri yang disebut mastitis juga bisa terjadi pada saluran susu yang terkena dan menyebabkan peradangan di daerah sekitar puting sehingga menyebabkan demam. Tanda dan gejala mammary duct ectasia biasanya membaik dengan sendirinya.

Penyebab

Di dalam payudara terdapat sistem saluran susu, yaitu bagian kecil yang mengalirkan susu ke puting. Mammary duct ectasia terjadi ketika saluran susu di bawah puting membesar dan meradang. Para ahli tidak tahu persis apa penyebab gangguan ini.

Beberapa ahli berspekulasi penyebabnya dikaitkan dengan:

1. Penuaan.
Ketika bertambah usia, komposisi jaringan payudara berubah dari banyak mengandung kelenjar menjadi banyak mengandung lemak. Proses ini disebut involusi. Perubahan ini kadang-kadang dapat menyumbat saluran susu dan menyebabkan peradangan.

2. Merokok.
Merokok dapat berkaitan dengan pelebaran saluran susu yang menyebabkan peradangan dan gangguan mammary duct ectasia. Efek merokok terhadap jaringan payudara tampaknya lebih besar pada wanita muda.

3. Inversi puting atau puting terbalik, yaitu suatu kondisi dimana puting tidak muncul keluar, namun menghadap ke dalam payudara. Puting yang terbalik bisa menyumbat saluran susu dan menyebabkan peradangan serta infeksi. Inversi puting juga bisa menjadi tanda dari kondisi yang lebih serius, seperti kanker.

Perawatan dan obat-obatan

Mammary duct ectasia sering sembuh sendiri tanpa pengobatan. Jika gejalanya mengganggu, pilihan pengobatannya dapat mencakup:

1. Antibiotik.
Dokter akan meresepkan antibiotik selama 10 sampai 14 hari untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh Mammary duct ectasia. Sambil menunggu efek antibiotik, pereda nyeri ringan seperti acetaminophen (Tylenol, others) atau ibuprofen (Advil, Motrin, orang lain) terkadang juga diresepkan untuk meringankan ketidaknyamanan pada payudara.

2. Bedah.

Jika antibiotik dan metode perawatan diri tidak bekerja, saluran susu yang terkena mungkin perlu dilakukan pembedahan. Prosedurnya adalah dengan melakukan sayatan kecil di sekitar jaringan puting yang berwarna (areola). Namun, operasi jarang diperlukan untuk Mammary duct ectasia.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel