Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

” Penyebab Mata Bintitan ”

Bintitan disebabkan sering mengintip? Sama sekali SALAH tuh. Bintitan bukan terjadi sebab sering mengintip orang, namun bintitan itu sendiri sebenarnya adalah tergolong infeksi mata. Gejala yang timbul pada bintitan adalah kelopak mata terasa bengkak dan nyeri (kemeng), kadang keluar kotoran mata, dan pada perabaan sering terasa nyeri.

Pada bintitan (hordeolum), terjadi infeksi bacterial pada kelenjar Meibom maupun kelenjar Zeiss dan Moll. Penyebab tersering dari bintitan ini sendiri adalah Staphylococcus aureus and Staphylococcus epidermidis.

Bintitan ini sendiri harus diobati dengan benar, sebab apabila berlangsung lama, maka infeksi tersebut berubah menjadi infeksi granulomatus yang disebut Chalazia.

Apabila infeksi bintitan ini tidak diobati dengan baik, juga dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke kelenjar disekitar kelopak mata yang dapat menimbulkan suatu preseptal selulitis.

Bintitan ini sebenarnya terdiri dari dua fase, yaitu fase infiltratif dimana gejalanya masih meradang dan nyeri, serta fase supuratif yaitu fase dimana kondisi peradangan sudah reda namun bintitan sudah memasuki tahap untuk memerlukan incisi dan kuretase.

Pada bintitan yang masih dalam tahap awal, maka pengobatan dapat dilakukan secara medika mentosa (konservatif), yaitu berupa kompres dingin untuk mengurangi inflamasi dan obat-obatan seperti tetes mata, salep mata, maupun obat oral yang mengandung antibiotika.

klik gambar untuk melihat lebih jelas

Apabila bintitan sudah memasuki tahap supuratif, maka pengobatan oral maupun topical sudah tidak dapat dilakukan. Satu-satunya jalan adalah membuatkan ‘jalan’ atau melakukan insisi dan kuretase pada hordeolum tersebut.

staphylococcus aureus dan Staphy epidermidis ialah bakteri gram positif. Jenis kuman ini memang sering menyebabkan infeksi pada kulit.

Tahap supuratif itu artinya timbilan/ bintitan yang terjadi sudah melewati tahap akut, sudah mateng lah istilahnya. Sudah tidak terasa nyeri, kemeng, tapi benjolan yang terjadi makin besar.

Kalau masih tahap infiltratif (belum matang) memang obat2an masih bisa menolong, dibantu dengan kompres ya. Tapi apabila sudah tahap supuratif (tahap matang), operasi memang perlu dilakukan untuk mengalirkan nanah yang terbentuk akibat infeksi tadi.

Insisi dan kuretase adalah istilah dalam operasi timbilan tadi.

Untuk pencegahan bintitan, hindari menggosok kelopak mata dengan tangan, terutama apabila tangan kita kotor karena dapat menyebabkan infeksi pada kelenjar di kelopak mata tersebut.

 

 

Sumber : Klinik Herbal Ny Ning Harmanto

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel