Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Hindari 10 Hal ini Bila Ingin Terhindar dari BESER ( INKONTINENSIA )

Jakarta, Beser atau tidak bisa menahan kencing (inkontinensia) bukan hanya masalah perempuan karena pria juga dapat mengalami beser karena pembesaran prostat. Jika Anda sedang mengalami beser sebaiknya hindari 10 hal ini.

“Kebocoran kandung kemih ringan kebanyakan dialami wanita dalam hidupnya. Meskipun lebih sering terjadi pada wanita yang lebih tua, wanita yang lebih muda mungkin mengalami kebocoran juga,” kata Mary Rosser, MD, PhD, asisten profesor kebidanan dan ginekologi di Montefiore Medical Center, di New York City seperti dilansir Health.com, Rabu (26/10/2011).
Kabar baiknya adalah bahwa ada pengobatan dan perubahan gaya hidup dapat membantu mengurang beser. Setidaknya ada 10 hal yang perlu dihindari ketika sedang beser yaitu:

1. Seimbangkan jumlah asupan cairan
Bukanlah hal yang mengherankan jika terlalu banyak minum bisa menjadi masalah bagi penderita beser. Namun, beser tidak dapat dihindari dengan mengurangi asupan cairan dengan ketat.

Membatasi minum justru dapat menyebabkan dehidrasi, sembelit, dan batu ginjal yang dapat mengiritasi kandung kemih dan membuat gejalanya menjadi lebih buruk.

“Keseimbangan yang tepat sangat penting untuk tubuh. Idealnya adalah sekitar dua liter atau delapan gelas cairan sehari,” kata Dr Rosser. Ia menambahkan bahwa jumlah yang tepat tergantung pada massa tubuh tanpa lemak. Jika beser rentan terjadi di malam hari, kurangilah asupan cairan di malam hari.

2. Jauhi alkohol
Alkohol bersifat diuretik yang menyebabkan tubuh menghasilkan lebih banyak urine sehingga dapat memicu beser mendadak. Alkohol juga dapat mengiritasi kandung kemih dan akan menjadi masalah bagi orang-orang yang kandung kemihnya terlalu aktif.

“Membatasi jumlah alkohol sebesar satu gelas sehari akan dapat membantu,” kata John L. Phillips, MD, direktur program urologi di New York Medical College, di Valhalla, NY

3. Hindari kopi dan teh
Kopi dan teh mengandung kafein yang bersifat diuretik dan dapat mengiritasi kandung kemihseperti alkohol.

“Kafein menyebabkan iritasi pada lapisan kandung kemih. Orang-orang yang memiliki masalah kandung kemih akan lebih baik jika mengurangi konsumsi kafein, “kata Dr Phillips.

Kopi dan teh yang mengandung sejumlah kecil kafein nampaknya tidak lebih baik. Untuk penggemar kafein, sebaiknya kurangilah perlahan-lahan.

4. Jangan makan coklat dulu
Coklat juga mengandung kafein yang dapat menyebabkan masalah untuk orang yang kandung kemihnya terlalu aktif. Coklat hitam atau susu, cokelat panas, atau susu coklat sama saja. Ketika beser menyerang, semuanya dapat menimbulkan masalah.

5. Kendalikan gula
Mengontrol asupan makanan manis juga dapat membantu mengendalikan kandung kemih. Makanan manis termasuk yang mengandung madu, sirup jagung, dan fruktosa juga dapat memperburuk kandung kemih.

Pemanis buatan juga tidak lebih baik. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemanis buatan juga menyebabkan beser mendesak.

“Tapi itu bukan berarti tidak boleh makan permen sama sekali. Konsumsi gula tidak akan menimbulkan masalah jika dijadikan sebagai bagian dari makanan seimbang,” kata Dr Phillips.

6. Hindari minuman bersoda
Minuman kaleng bersoda memiliki efek dobel terhadap kandung kemih karena kandungan kafein dan karbonasinya. Minuman berkarbonasi terbukti memperburuk gejala beser.

“Ketika seseorang menderita beser, kami menyarankan pasien agar mengurangi makanan yang mengandung pewarna buatan, bahan kimia, kafein, dan menyarankan untuk mengkonsumsi makanan yang lebih alami, kaya antioksidan dan vitamin, termasuk buah-buahan, dan sayuran, dan air,” kata Dr Phillips.

7. Jauhi makanan pedas
Penelitian menunjukkan bahwa menghindari makanan pedas, seperti kari, cabai, dan merica dapat mengurangi gejala beser urin.

“Ada makanan tertentu yang memicu beser atau menyebabkan kandung kemih terlalu aktif, termasuk makanan pedas,” kata Kristen Burns, perawat praktisi urologi dewasa di Johns Hopkins Hospital, di Baltimore.

8. Jangan makan jeruk dulu
Jeruk mengandung vitamin C, tapi dapat bermasalah bagi penderita beser. Makanan dan minuman asam seperti jeruk bali, jeruk, limau, lemon, dan bahkan tomat, dapat mengiritasi kandung kemih dan memperburuk gejala beser.

“Otot kandung kemih memiliki jenis saraf yang dapat dipengaruhi oleh iritasi, seperti makanan asam, yang dapat memperburuk gejala urgensi,” kata Burns.

9. Tak perlu minum jus cranberry
Karena sering digunakan untuk membantu mengontrol infeksi saluran kemih dan infeksi kandung kemih, banyak orang salah mengira bahwa jus cranberry juga dapat membantu meringankan gejala kandung kemih yang terlalu aktif.

Sayangnya, jus cranberry sebenarnya dapat membuat gejala beser menjadi lebih buruk karena keasamannya. “Jus cranberry bukan pilihan yang baik untuk seseorang yang memiliki kandung kemih aktif karena kandungan asamnya,” kata Burns.

10. Cek sedang minum obat apa
Obat jantung tertentu, obat penurun tekanan darah, obat pelemas otot, obat penenang, dan obat lain dapat membuat beser menjadi lebih buruk.

“Efek diuretik membuang kelebihan cairan dari tubuh sehingga jantung dan organ lainnya dapat berfungsi lebih efisien. Hal ini menyebabkan beban cairan meningkat ke kandung kemih,” kata Dr Rosser.

Bicarakan dengan dokter tentang resep obat yang mungkin menyebabkan beser. Jangan mengurangi atau berhenti menggunakannya sendiri. Hindari juga obat yang banyak mengandung kafein.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel