Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Buah – Buahan Bagi Anda yang ANEMIA

Jakarta, Bila tidak ditangani dengan baik, anemia atau kurang darah dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Karena itu, segera obati anemia dengan nutrisi tepat atau suplemen penambah darah. Beberapa jenis buah-buahan juga bisa meningkatkan jumlah sel darah merah.

Anemia atau yang biasa dikenal sebagai penyakit kurang darah merupakan suatu gejala yang disebabkan karena kurangnya zat besi di dalam tubuh. Zat besi sendiri merupakan bahan dasar dalam pembentukan hemoglobin pada darah yang membawa banyak oksigen. Rendahnya kandungan besi (Fe) pada tubuh penderita anemia menyebabkan sel darah merah yang diproduksinya pun sedikit.
Beberapa makanan yang baik untuk anemia diantaranya tiram, udang, hati sapi, daging, telur, susu, kacang polong hijau, kacang tanah, kedelai, dan sayuran hijau.

Ada pula beberapa buah-buahan yang dapat meningkatkan jumlah sel darah merah, seperti dilansir Livestrong, Rabu (12/10/2011):

1. Vitamin A
Selain penting untuk kesehatan mata, vitamin A juga penting untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Vitamin A juga membantu dalam mobilisasi zat besi dari untuk dimasukkan ke dalam hemoglobin, pigmen yang mengangkut oksigen. Buah-buahan yang merupakan sumber vitamin A seperti aprikot, melon, jeruk, plum, mangga, semangka dan buah yang dikeringkan.

2. Vitamin B kompleks
Beberapa vitamin B kompleks penting untuk produksi dan fungsi sel darah merah. Di antaranya adalah B-12, B-6, B-5 ‚Äč‚Äčtiamin dan riboflavin. Sementara B-12 berasal dari produk hewani, vitamin B kompleks lainnya secara luas didistribusikan ke seluruh pasokan makanan. Buah-buahan yang merupakan sumber vitamin B kompleks antara lain pisang, kurma, mangga, anggur, nanas, semangka, melon, alpukat dan buah delima.

3. Vitamin C
Vitamin C sangat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi nonheme, yang membuat naik sekitar dua pertiga dari jumlah zat besi diserap, menurut Linus Pauling Institute. Buah yang kaya vitamin C antara lain buah jeruk, lemon, jeruk nipis, strawberry, kiwi, mangga, pepaya dan nanas.

4. Zat besi
Zat besi sangat penting untuk struktur dan fungsi sel darah merah. Zat besi merupakan komponen dalam perumusan hemoglobin, yang sangat penting untuk transportasi dan penyimpanan oksigen. Buah yang merupakan sumber zat besi yang baik meliputi kismis, plum, alpukat, blackberry, ceri, anggur, semangka, raspberry dan buah ara.

5. Mineral
Tembaga dan fosfor memainkan peran dalam kesehatan dan fungsi sel darah merah. Linus Pauling Institute mengatakan tembaga membantu dalam metabolisme zat besi, sedangkan fosfor membantu hemoglobin dalam pengiriman oksigen ke jaringan tubuh. Buah yang kaya fosfor dan tembaga antara lain kiwi, kurma, mangga, alpukat, blackberry dan delima.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel