Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Paparan Bahan Kimia Plastik Bisa Ganggu Otak Anak

Columbia, Bahan plastik banyak dipakai seperti untuk pembungkus atau mainan. Tapi sebaiknya kurangi penggunaannya, karena paparan bahan kimia plastik bisa mengganggu otak anak-anak.

Penelitian baru yang dilakukan di Mailman School of Public Health, Columbia University mempertegas kekhawatiran atas potensi efek kesehatan bahan kimia yang dikenal sebagai ftalat terhadap anak-anak.

Ftalat atau ester ftalat adalah bahan kimia yang banyak ditambahkan ke dalam bahan plastik untuk meningkatkan kelenturan, transparansi dan daya tahannya.

Secara klinis, ftalat diketahui mengganggu sistem endokrin dan secara luas digunakan dalam berbagai macam produk mulai dari mainan plastik, bahan bangunan rumah tangga, hingga shampoo, seperti dikutip dari medicalxpress.com, Rabu (6/9/2011).

Studi ini merupakan yang pertama kalinya memeriksa hubungan antara kehamilan dengan paparan ftalat dan kecenderungan masalah mental, motorik dan perilaku pada anak usia prasekolah.

Secara keseluruhan, para peneliti menemukan bahwa paparan terhadap dua jenis ftalat secara signifikan meningkatkan kemungkinan terlambatnya perkembangan motorik serta potensi masalah koordinasi motorik halus dan kasar anak di masa depan.

Bagi perempuan, ftalat berisiko menurunkan perkembangan mental secara signifikan. Paparan ftalat sejak kehamilan berkaitan dengan masalah perilaku, termasuk perilaku reaktif emosional, kecemasan, depresi dan penarikan diri.

“Hasil penelitian kami menunjukkan bahwa paparan ftalat selama masa pralahir merugikan kondisi mental anak, mengganggu perkembangan motorik dan perilaku selama bertahun-tahun,” kata Dr Whyatt, profesor klinis Ilmu Kesehatan Lingkungan.

Dr Whyatt menuturkan ftalat mengganggu endokrin sehingga mempengaruhi sistem hormon dalam tubuh. Zat ini juga menurunkan produksi testosteron yang memainkan peran penting dalam perkembangan otak.

Hasil penelitian yang diterbitkan secara online di jurnal Environmental Health Perspectives ini semakin menambah kekhawatiran mengenai risiko paparan ftalat selama kehamilan.

Penelitian melibatkan 319 anak-anak yang dilahirkan oleh perempuan non perokok selama tahun 1999 hingga 2006. Para peneliti dipimpin oleh Robin M. Whyatt, DrPH, wakil direktur Columbia Center for Children’s Environmental Health.

Pengukuran metabolisme empat jenis ftalat dilakukan menggunakan sampel urin ibu sebagai penanda paparan pralahir. Keempat ftalat tersebut adalah; di-2-ethylhexyl ftalat, di-isobutil ftalat, di-n-butil ftalat dan butylbenzyl ftalat.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel