Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Konsumsi Umbi – Umbian untuk Cegah Tekanan Darah Tinggi

Jakarta, Di restoran cepat saji, kentang goreng sering dianggap salah satu menu paling tidak sehat bagi jantung dan pembuluh darah. Namun jika dimasak dengan benar, kentang maupun umbi-umbian lainnya justru bisa mencegah tekanan darah tinggi.

Konsumsi Umbi-Umbian untuk Cegah Tekanan Darah Tinggi
Umbi-umbian, khususnya kentang dan ubi jalar disebut-sebut banyak mengandung senyawa asam kolinergik. Bagi jantung, senyawa ini dapat mencegah peningkatan tekanan darah yang merupakan salah satu faktor risiko stroke maupun serangan jantung.

Dalam sebuah penelitian di University of Scranton, kentang dan umbi-umbian terbukti dapat mencegah hipertensi pada 18 penderita kelebihan berat badan atau overweight. Seperti yang telah diketahui, seseorang yang mengalami overweight lebih berisiko mengalami tekanan darah tinggi.

Penelitian yang dipimpin oleh Joe Vinson PhD tersebut dilakukan dengan mengganti menu makan para partisipan dari nasi atau roti menjadi umbi-umbian. Selama sebulan lamanya, para partisipan makan dengan umbi sebanyak 2 kali sehari dengan porsi yang telah diatur.

Setelah diamati perubahannya, tekanan darah para partisipan turun rata-rata 3,5 hingga 4,3 persen. Dibandingkan dengan partisipan di kelompok kontrol yang tetap mengonsumsi nasi dan roti, partisipan yang rutin mengonsumsi umbi-umbian memiliki jantung yang lebih sehat.

“Hasil penelitian awal ini menunjukkan umbi-umbian khususnya yang berwarna putin dan merah bisa menurunkan tekanan darah. Perlu peneltiian lebih lanjut untuk memastikannya,” ungkap Prof Vinson seperti dikutip dari Menshealth.com, Sabtu (3/9/2011).

Selain itu, jika dimasak dengan benar maka kentang dan umbi-umbian memiliki indeks glikemik yang lebih rendah dibanding nasi. Indeks glikemik yang lebih rendah menunjukkan bahwa makanan tersebut membuat perut terasa kenyang lebih lama sehingga tidak bikin gemuk.

Salah satu umbi-umbian yang kadang-kadang jadi tidak sehat karena salah memasaknya adalah kentang. Menurut Prof Vinson, kentang akan lebih sehat jika dimasak tanpa mentega, minyak dan tentu saja garam karena garam justru bisa meningkatkan tekanan darah.

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

 

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel