Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Betakaroten, Vitamin untuk Kesehatan Mata Anda

Jakarta, Deskripsi

Beta-karoten merupakan karotenoid, salah satu pigmen tanaman yang dikenal memiliki antioksidan dan efek lainnya. Zat ini cepat dikonversi menjadi vitamin A oleh tubuh. Beta-karoten sering dianggap sebagai bentuk vitamin A itu sendiri, namun sebenarnya bukan. Memiliki vitamin A dalam kadar normal adalah kunci untuk penglihatan yang baik, kekebalan tubuh yang kuat, dan sehat secara umum.
Betakaroten, Vitamin untuk Kesehatan Mata Anda
Beta-karoten populer karena sifat antioksidannya, sehingga dapat melindungi sel dari kerusakan. Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa orang yang makan banyak buah dan sayuran kaya vitamin beta-karoten dan mineral lainnya menurunkan risiko mengidap beberapa jenis kanker dan penyakit jantung. Namun sejauh ini penelitian belum menemukan apakah beta-karoten dalam bentuk suplemen memiliki manfaat kesehatan yang sama.

Suplemen beta-karoten dapat membantu orang dengan masalah kesehatan tertentu. Suplemen dapat digunakan untuk seseorang yang kekurangan vitamin A. Ada beberapa bukti yang menjanjikan bahwa suplemen beta-karoten dapat memperlambat osteoarthritis. Mengkonsumsi beta-karoten bersama dengan seng, vitamin C dan vitamin E juga dapat membantu mengurangi kerusakan retina akibat usia, penyebab utama kebutaan pada orang tua.

Suplemen beta-karoten telah diteliti sebagai pengobatan untuk banyak penyakit lainnya. Contohnya; katarak, penyakit Alzheimer, dan cystic fibrosis. Hasilnya cukup meyakinkan.

Dosis

Tidak ada batasan khusus untuk asupan beta-karoten. Penelitian umumnya menggunakan dosis berkisar antara 15 dan 180 miligram per hari. Dosis tinggi atau penggunaan jangka panjang dapat berbahaya. Banyak ahli merekomendasikan kombinasi karotenoid atau pigmen organik tambahan (lutein, karoten, zeaxanthine, lycopene, dll), bukan hanya beta-karoten saja. Dosis tepat untuk penggunaan sementara atau jangka panjang masih belum jelas.

The American Heart Association menyarankan agar asupan beta-karoten (dan antioksidan lainnya) didapat dari makanan ketimbang suplemen. Sumber makanan yang mengandung beta-karoten yaitu:
1. Wortel
2. Kentang manis
3. Musim Dingin labu
4. Bayam dan kale
5. Buah-buahan seperti melon dan aprikot

Kandungan beta-karoten paling tinggi dalam buah-buahan dan sayuran segar. Yang berbentuk kalengan atau sudah beku umumnya kandungannya kurang.

Efek samping

Apabila dikonsumsi dalam jumlah yang ditemukan dalam makanan, beta-karoten memiliki efek samping yang sangat ringan. Pada tingkat tinggi, dapat mengubah kulit menjadi kekuningan atau oranye. Namun hal ini bersifat sementara dan tidak berbahaya.

Suplemen beta-karoten tampaknya memiliki risiko yang serius. Orang yang merokok atau terkena asbes tidak boleh menggunakan suplemen beta-karoten. Dosis rendahnya saja berisiko meningkatkan kanker, penyakit jantung, dan dapat berujung kematian.

Pemakaian alkohol yang berlebihan dikombinasikan dengan suplemen beta-karoten dapat meningkatkan risiko penyakit hati dan kanker. Dalam dosis tinggi, vitamin A dan beta-karoten dapat menjadi racun bagi hati.

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel