Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Tanda -Tanda Kelebihan / Kekurangan Hormon Tiroid

Jakarta, Hormon tiroid berfungsi menstimulasi metabolisme dari sel-sel tubuh. Tapi ada kalanya jumlah hormon ini tidak sesuai dengan yang dibutuhkan. Apa saja tanda-tanda kelebihan dan kekurangan hormon tiroid?
Tanda - Tanda Kelebihan / Kekurangan Hormon Tiroid
Tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher bagian depan yang berbentuk seperti kupu-kupu dan seringkali mudah untuk diraba. Gangguan yang terjadi pada kelenjar ini bisa akibat ukurannya atau produksi hormonnya yang tidak seimbang.
Produksi hormon yang tidak seimbang ini bisa diakibatkan oleh kelebihan hormon tiroid (hipertiroid) atau kekurangan hormon tiroid (hipotiroid). Gangguan hormonal ini bisa terjadi seumur hidup, meski pada saat-saat tertentu kadar hormonnya bisa kembali normal tapi tidak ada yang tahu penyebab gangguan hormon tersebut muncul kembali.

Gangguan tiroid lebih banyak dialami oleh perempuan dibanding laki-laki (bisa sampai 5-7 kali lipat) dan mewakili sebagian besar penyakit endokrin atau yang berhubungan dengan hormon.

Untuk mengetahui apakah seseorang memiliki hipotiroid atau hipertiroid biasanya dilakukan tes darah dengan mengetahui jumlah dari hormon T3 (triiodothyronine), T4 (thyroxine) dan TSH (Thyroid Stimulating Hormone).

Berikut ini gejala yang muncul jika tubuh kelebihan atau justru kekurangan hormon tiroid, seperti dikutip dari Thyroid.about.com, Rabu (24/8/2011) yaitu:

Hipotiroid (Kekurangan hormon tiroid)

  1. Kelelahan
  2. Tidaktoleransi terhadap udara dingin
  3. Kulit serta rambut yang kering dan kasar
  4. Tingkat kolesterol meningkat
  5. Denyut jantung dan konsentrasi menurun
  6. Rasa sakit atau nyeri yang samar-samar
  7. Kenaikan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya
  8. Sembelit
  9. Otot kram
  10. Sering mengalami keguguran
  11. Gangguan menstruasi seperti menjadi lebih sering

Hipertiroid (Kelebihan hormon tiroid)

  1. Memiliki keringat berlebih
  2. Mengalami penurunan berat badan meski nafsu makannya normal
  3. Gemetar
  4. Gelisah, mudah panik dan lekas marah
  5. Tidaktoleransi terhadap udara panas
  6. Mudah lelah
  7. Konsentrasi berkurang
  8. Mata melotot (seperti mau keluar)
  9. Menstruasi yang tidak teratur atau terlalu sedikit
  10. Detak jantung yang tidak beraturan atau lebih cepat
  11. Kelemahan otot yang terjadi di lengan atas dan paha
  12. Insomnia

 

 

 

Sumber : detikhealth.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel