Featured Product
  Madecol MadeCol merupakan kapsul herbal alami yang antara lain terbuat dari ekstrak daun jati belanda dan akar alang-alang untuk menormalkan kadar kolesterol. Sebagian ekstrak herbal dalam MadeCol juga menggunakan teknologi terbaru yaitu teknologi nano. Dengan teknologi nano , partikel herbal menjadi lebih kecil sehingga lebih mudah diserap oleh tubuh. Selengkapnya ... JAMSI   Jamsi secara tradisional bermanfaat bagi penderita diabetes karena mampu memperbaiki sel-sel, menurunkan kadar gula yang tinggi dalam darah, mencegah terjadinya diabetes, menetralisir penyakit,seperti: Hipertensi, asam urat, kolesterol dan Trigliserite. Selengkapnya...

Sajian Sehat Buka Puasa dengan Bubur Kacang Hijau

Di Indonesia, buka puasa identik dengan kolak. Padahal, sejumlah makanan lain juga bisa dijadikan santapan berbuka, salah satunya adalah bubur kacang hijau dan ketan hitam.

Sajian Sehat Buka Puasa dengan Bubur Kacang Hijau

Dijelaskan oleh Prof Made Astawan, ahli teknologi pangan dari Institut Pertanian Bogor, kandungan gula merah dalam bubur kacang hijau akan segera menaikkan kadar glukosa darah yang turun selama puasa. Kandungan energi 100 gram bubur kacang hijau sekitar 74-140 kalori.

Karbohidrat dalam ketan hitam akan dicerna dan dimetabolisme tubuh menjadi energi untuk menunjang berbagai aktivitas tubuh. Kandungan protein yang berasal dari kacang hijau serta lemak dari santan berkontribusi dalam mengembalikan kebugaran tubuh.

Selain karbohidrat, kacang hijau juga mengandung protein dan lemak tidak jenuh, seperti oleat, lonoleat, dan lonolenat. Zat gizi penting lain dalam kacang hijau adalah vitamin B1, B2, B3, serta mineral seperti kalsium, fosfor, besi, natrium, dan kalium. Yang tak kalah penting, kacang hijau menjadi sumber serat pangan yang berperan dalam mencegah terjadinya sembelit.

Sementara itu, ketan hitam mengandung karbohidrat, protein, lemak, dan mineral, seperti fosfor, kalium, kalsium, dan besi.

Karena kandungan energinya cukup besar, terutama dari santan, hendaknya santan dibuat encer dan digunakan dalam jumlah sedikit. Begitu pula ketan hitam, sebaiknya tidak dicampur terlalu banyak. Santaplah bersama kuahnya karena vitamin dan mineral kacang hijau banyak terlarut dalam kuah.

 

 

Sumber : kompas.com

Share

Leave a Reply

Kategori Produk
Madu Herbal Kapsul Herbal Minuman Instan Aromatherapy
Tetes Mata Herbal Paket Herbal Herbal Kering
Kategori Artikel